Inilah Oleh-oleh Khas Lombok yang Wajib Dibeli

Banyak orang ingin pergi ke Lombok di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Wilayah yang terkenal dengan Pantai Senggigi,

Inilah Oleh-oleh Khas Lombok yang Wajib Dibeli
kompas.com
oleh-oleh lombok

Sementara banyak obyek wisata di Lombok yang telah dikenal, tak demikian halnya dengan oleh-olehnya. Padahal, oleh-oleh dibilang wajib setelah berkunjung ke suatu tempat.


1. Dodol Rumput Laut

Bisa dikatakan, ini oleh-oleh makanan wajib dari Lombok. Tak seperti dodol umumnya yang sangat manis, dodol rumput laut khas Lombok terasa manis segar.

Dodol rumput laut khas Lombok terbuat dari tepung rumput laut, gula serta buah-buahan segar. Terdapat beragam pilihan rasa buah, seperti nangka, mangga dan sirsak.

Dodol terasa manis dan kenyal di lidah. Memakannya seperti makan jelly rasa buah yang banyak disukai anak-anak. Selain rasa buah, terdapat pula rasa sayur dan jagung.

Dodol tumput laut bisa dibeli dengan harga mulai Rp 10.000 - Rp 15.000 per kemasan berat 200 gram. Salah satu tempat populer untuk mendapatkannya adalah di Phoenix Food yang berlokasi di Cakranegara.

2. Madu Sumbawa

Sumbawa, wilayah yang termasuk dalam Provinsi Nusa Tenggara Barat adalah salah satu penghasil madu terbaik di Indonesia. Madu Sumbawa pun bisa didapatkan di Lombok.

Ada dua jenis madu yang dijual, yakni madu biasa yang berwarna kuning kecoklatan serta madu putih yang berasal dari lebah yang hidup di karang-karang putih.

Madu Sumbawa telah menjadi ikon nasional dan dipercaya bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan mengobati beragam penyakit. Madu putih misalnya, dipercaya bisa mengobati penyakit saraf.

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Edinayanti
Sumber:
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2016
About Us
Help