Selasa, 28 April 2015

Kalsel dan Kalteng Koordinasi Atasi Pencemaran Sungai

Selasa, 28 Februari 2012 21:47

Kalsel dan Kalteng Koordinasi Atasi Pencemaran Sungai
flickr
Sungai Barito

Kepala Bidang Pengendalian Ruang dan Sumber Daya Alam Pusat Pengendalian Ekoregion (PPE) Kalimantan pada Kementerian Lingkungan Hidup Rafiddin Rizal di Banjarmasin, Selasa (28/2/2012) mengatakan, pencemaran sungai Barito tidak bisa diatasi oleh satu provinsi atau satu bidang saja.

"Perlu sinergisitas antara kedua wilayah dan beberapa bidang terkait untuk mengatasi pencemaran sungai Barito," katanya.

Dari informasi, kata dia, kedua provinsi telah membentuk tim pengendalian pencemaran tersebut, namun hasilnya hingga kini belum didapat.

Menurut dia, secara detail pihaknya belum melakukan analisa terhadap masalah pencemaran sungai Barito, namun secara global penanganan perbaikan kondisi sungai harus dilakukan dari hulu hingga hilir.

"Perlu kerjasama terus menerus antara dinas dan instansi terkait pada masing-masing provinsi, misalnya perlu penanaman di sekitar hulu DAS Barito, maka koordinasi dilakukan dengan dinas kehutanan, begitu juga dengan dinas-dinas lainnya yang terkait," katanya.     

Sebelumnya, untuk menanggulangi pencemaran dan ancaman kerugian akibat kerusakan lingkungan ini, BLHD Kalsel telah mengusulkan dibentuknya Badan Otoritas Pengelolaan DAS Barito.

Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah Kalsel Rakhmadi Kurdi, mengatakan, melalui badan otoritas pengelolaan DAS Barito tersebut diharapkan berbagai persoalan yang terjadi di sungai Barito bisa diselesaikan dengan lebih intensif.

Halaman12
Editor: Dheny Irwan Saputra
Sumber: Antara News
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas