A PHP Error was encountered

Severity: 4096

Message: Object of class stdClass could not be converted to string

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Object of class stdClass to string conversion

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: Object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

Perumahan Pekerja Dengan Teknologi Tepat Guna - Banjarmasin Post
  • Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Senin, 28 Juli 2014
Banjarmasin Post

Perumahan Pekerja Dengan Teknologi Tepat Guna

Selasa, 24 April 2012 06:10 WITA
Perumahan Pekerja Dengan Teknologi Tepat Guna
Net
Ilustrasi perumahan pekerja atau buruh
BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kementerian Perumahan Rakyat dan PT Jamsostek sepakat menandatangani Nota Kesepahaman, atau Memorandum of Understanding (MoU) tentang penyediaan perumahan umum bagi pekerja/ buruh di lingkungan perumahan baru dengan teknologi tepat guna.

Penandatanganan MoU antara Kemenakertrans dan BII ini dilakukan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar, Menpera Djan Faridz dan Direktur Utama  PT Jamsostek, Hotbonar Sinaga di Kantor Kemenakertrans di Jakarta, pada Senin (23/4).

Melalui Pusat Humas Kemenakertrans, Muhaimin Iskandar mengatakan, penandatanganan MoU ini  sebagai salah satu perwujudan koordinasi pelaksanaan program pemerintah dalam penyediaan perumahan umum bagi pekerja/ buruh di lingkungan perumahan baru.

Serta mempercepat pemenuhan kebutuhan perumahan dengan kualitas bangunan yang memenuhi persyaratan dan harga jual terjangkau guna meningkatkan kesejahteraan pekerja/buruh.

“Perumahan adalah salah satu kebutuhan pokok yang menjadi tolok ukur keberhasilan atau tingkat kesejahteraan suatu keluarga di samping kebutuhan pangan dan sandang. Oleh karena itu, penyediaan perumahan umum bagi pekerja/buruh yang berbentuk rumah susun umum atau rumah umum menjadi prioritas," katanya.

Dia menjelaskan dalam penyediaan rumah bagi pekerja/buruh, pemerintah penggunaan konsep kawasan lingkungan hunian berimbang dan penggunaan lahan kawasan industri atau lahan badan usaha untuk pelaksanaan pembangunan perumahan umum bagi pekerja/buruh di iingkungan perumahan baru  dengan teknologi tepat guna.

“Perwujudan konsep perumahan pekerja/buruh  dengan jalan fasilitasi pinjaman uang muka dari PT. Jamsostek, fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) dan  fasilitasi teknis pembangunan perumahan dengan lingkungan hunian berimbang," Imbuh Pria yang juga akrab disapa Cak Imin itu.

Lebih lanjut dia juga mengatakan, pemerintah memberikan fasilitasi penyediaan prasarana, sarana, dan utiiitas (PSU) perumahan yang diperlukan untuk pembangunan perumahan umum bagi pekerja/buruh di lingkungan perumahan baru dengan teknologi tepat guna. Masing-masing pihak yang menandatangani mou mempunyai tugas dan tanggung jawab sendiri.

Pihak Kemenpera misalnya, bertugas untuk memfasilitasi dan mengoordinasikan penyaiuran Kredit Pemiiikan Rumah (KPR) dengan dukungan FLPP kepada bank penyalur KPR, memfasilitasi akses masyarakat kepada sumber daya pembangunan termasuk prasarana, sarana, dan utilitas.

Kemenpera juga bertugas untuk  memfasilitasi kemudahan penerbitan sertifikat tanah berkoordinasi dengan Badan Pertanahan Nasionai. Memfasilitasi kemudahan penerbitan perijinan membangun berkoordinasi dengan Kementerian Daiam Negeri dan Pemerintah Kabupaten/Kota.

"Sedangkan tugas Kemnakertrans adalah mensosialisasikan program perumahan pekerja kepada para pekerja/buruh, melakukan pemetaan kebutuhan perumahan pekerja peserta Jamsostek, mendorong partisipasi pengelola kawasan industri atau badan usaha untuk ikut serta dalam program penyediaan perumahan umum bagi pekerja/buruh di lingkungan perumahan baru dengan teknologi tepat quna," ujarnya.
Penulis: Hasby
Editor: Halmien
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas