Minggu, 21 Desember 2014
Banjarmasin Post

Penanggulangan Bencana Berbasis Lembaga Usaha

Senin, 21 Mei 2012 17:46 WITA

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA -Masyarakat dan lembaga usaha seperti BUMN, BUMD, koperasi, asosiasi pengusaha dan perusahaan swasta ke depannya akan memiliki peranan penting dalam penyelenggaraan penanggulangan dan mengatasi bencana alam.
      
Peran yang paling dirasa dilakukan oleh lembaga usaha itu adalah saat pascabencana. Terlebih upaya untuk membantu masyarakat kembali ke kehidupannya seperti sedia kala saat sebelum bencana.
    

"Ini merupakan sebuah langkah positif bagi lembaga usaha untuk turut aktif membantu korban bencana yang kerap terjadi di Kabupaten Banjar. Ke depannya kita menginginkan semua pihak terkait bisa lebih sigap dalam membantu sesama guna penanggulangan bencana," kata Wakil Bupati Banjar, Ahmad Fauzan Saleh saat menghadiri kegiatan Workshop Penanggulangan Bencana Berbasis Lembaga Usaha di Guest House Sultan Sulaiman Martapura, Senin (21/5).
    

Seperti diketahui, Kabupaten Banjar berdasarkan topografi, tutupan lahan, iklim dan curah hujan berpotensi terjadi bencana dengan variasi jenis bencana yang cukup beragam. Mulai dari bencana banjir, kebakaran hutan, lahan, permukiman, kekeringan, tanah longsor dan puting beliung.
    

Bahkan, bencana seperti banjir, kebakaran dan kekeringan hampir merupakan bencana musiman yang setiap tahun terjadi. Tentunya hal itumenimbulkan kerugian harta benda serta kerusakan infrastruktur yang cukup besar.
Penulis: Rendy Nicko
Editor: Edibpost

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas