• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Minggu, 26 Oktober 2014
Banjarmasin Post

Pemkab Kotabaru Bangun Pusat Perbelanjaan di Perbatasan

Minggu, 3 Juni 2012 07:08 WITA
Pemkab Kotabaru Bangun Pusat Perbelanjaan di Perbatasan
dok
irhami ridjani
BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Pemkab Kotabaru, Kalimantan Selatan, mulai berkonsentrasi untuk membangun daerah Sengayam, Pamukan Barat, yang merupakan wilayah perbatasan antara Kalsel dan Kaltim.

Bupati Kotabaru H Irhami Ridjani, pada puncak peringatan hari jadi Kabupaten Kotabaru ke-62, Sabtu (2/6/2012, mengatakan, pihaknya akan membangun semua sarana fasilitas umum di daerah perbatasan di Sengayam. Di antaranya, kantor Samsat, perbankan, pusat perbelanjaan dan instansi yang memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat.

"Salah satu tujuannya, agar pajak dan pendapatan yang seharusnya masuk ke Kabupaten Kotabaru tidak lari ke luar daerah," ujarnya.

Banyak armada yang beroperasi di Kalimantan, khususnya di Kotabaru, namun pajaknya lari ke luar daerah, karena kendaraan tersebut dibeli dari luar daerah.

Rencananya, pemkab Kotabaru akan mengembangkan beberapa daerah kecamatan menjadi daerah pusat administrasi dan perekonomian di sekitarnya. Seperti, daerah Serongga di Kelumpang Hilir, Sengayam di Pamukan Barat, Geronggang di Kelumpang Tengah dan beberapa daerah lainnya.

Daerah-daerah tersebut, menurut Bupati, cukup potensial untuk dikembangkan menjadi pusat aktivitas perekonomian di daerah.

Untuk keperlun itu, daerah ini perlu dilengkapi dengan sarana dan prasarana dan fasilitas umum yang lebih baik dan lebih lengkap. 

Irhami mengaku, selama kepemimpinanya sejak Agustus 2010, pihaknya mengalami kendala dalam membangun daerah ini. Terutama yang mengangkut rencana tata ruang wilayah.

"Daerah itu tidak bisa berkembang sesuai dengan harapan, apabila pemerintah tidak merevisi luas areal kawasan hutan cagar alam yang ada di Kotabru," ujarnya.

Bupati menilai, pemerintah pusat pun tidak adil dalam menetapkan luasan kawasan Cagar Alam Kalsel sekitar 90 persennya berada di Kabupaten Kotabaru
Editor: Syamsudin
Sumber: Antara News
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
11723 articles 13 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas