Selasa, 23 Desember 2014
Banjarmasin Post

Harga Karet di Tala Mulai Membaik

Selasa, 26 Juni 2012 19:58 WITA

Harga Karet di Tala Mulai Membaik
Kompas/Hamzirwan
petani karet
BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Petani karet di wilayah Tanahlaut mulai bisa tersenyum. Harga karet yang sempat anjlok, secara berangur sudah mulai naik.

Bahkan saat ini harga karet di tingkat petani berkiar Rp 9 ribu hingga Rp 12 ribu per kilogram, dari harga semula yang mencapai Rp 6 ribu hingga Rp 7 ribu per kilogramnya.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun BPost, harga karet di wilayah Kecamatan Kintap mencapai Rp 9 ribu per kilogram. Meski masih jauh dari harga ideal, namun harga tersebut termasuk lumayan jika dibandingkan beberapa hari lalu yang hanya mencapai Rp 7 ribu per kilogramnya.

Dalam kondisi seperti ini, hasil penyadapan (noreh) terhadap pohon karet setiap hektarenya bisa mencapai satu kuintal per minggu. Sehingga dalam kurun waktu satu bulan, petani yang memiliki kebun seluas satu hektare bisa mendapatkan uang sebesar Rp 3,6 juta.   

Berbeda dengan harga karet di wilayah Kecamatan Tambang Ulang. Meski sempat mengalami penurunan harga, namun tidak sampai anjlok sekali. Karena saat harga karet di sejumlah daerah anjlok mencapai Rp 5 ribu hingga Rp 7 ribu per kilogram, di daerah tersebut hanya turun dari Rp 14 ribu menjadi Rp 10 ribu.

“Saat ini harga sudah mulai naik dan mencapai Rp 12 ribu per kilogram,” terang Umar, petani karet di Tambang Ulang.
Penulis: Moh. Choiruman
Editor: Anjar

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas