• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 24 Oktober 2014
Banjarmasin Post

Ikatan Notaris Indonesia Resmi Dideklarasikan

Minggu, 1 Juli 2012 09:17 WITA
BANJARMASINPOST.CO.ID,JAKARTA - Ratusan notaris yang tergabung dalam Ikatan Notaris Indonesia (INI) mendeklarasikan gerakan INI Bersih. INI dideklarasikan terkait rencana pelaksanaan Kongres ini, 16 Juli mendatang.

Kepada wartawan, Sabtu (30/6/2012), Wakil Ketua Tim Pengawas (Timwas) Kongres XXI INI, Firdhonald menjelaskan, Kongres INI yang dilaksanakan di Yogyakarta, diikuti 3029 peserta Januari lalu, berakhir tanpa hasil. Penyebabnya, ungkapnya, lantaran temuan Tim Verifikasi Kongres, ada politik uang dan pemberian fasilitas kepada 846 peserta.

"Di Kongres Yogyakarta, kami temukan slip setoran bank yang tulisannya sama, melalui dua bank ke beberapa nama. Ada banyak pemindahbukuan ke rekening-rekening pribadi," Firdhonald menjelaskan.

Firdhonald tak mengungkap, siapa yang melakukan politik uang. Harapannya, politik uang itu tak terulang lagi pada Kongres INI yang akan digelar nanti.

"Oleh karena itu, kita deklarasikan INI bersih. Notaris itu profesi mulia dan intelek. Maka, kami tidak mau cara-cara kotor terjadi di kongres lanjutan," tegasnya.

Firdhonald berharap, kongres lanjutan besok menjadi kado spesial bagi INI yang memasuki usia 104. Tegas dikatakan, upaya memerangi money politics di kongres lanjutan nanti memang bukan hal mudah.

Meski demikian Firdhonald menegaskan, jangan sampai upaya membersihkan INI dari politik uang justru terhenti.

"Timwas INI memang sempat digugat perdata Rp 100 miliar gara-gara dianggap menghilangkan hak pilih peserta kongres. Yang terdindikasi lakukan politik uang . Kita siap menghadapi, kita sudah menggandeng Profesor Yusril Ihza Mahendra," tandasnya.

Ketua Umum INI, Tien Normalita, menambahkan, politik uang sebenarnya bukan hal baru. Dulu, katranya, politik uang hanya terbatas pada kolega-kolega atau teman-teman dekat saja. "Tapi saya terkejut karena sekarang disinyalir 846 lebih. Seakan begitu kotornya mau jadi ketua umum," keluh Tien.





Editor: Anjar
Sumber: Tribunnews
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
13773 articles 13 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas