• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 1 November 2014
Banjarmasin Post

Ini Kuliner Terlengkap di Banua Anam

Sabtu, 21 Juli 2012 19:58 WITA
BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Pasar kuliner khas Ramadan kembali mewarnai bulan puasa tahun 2012 di Barabai, Hulu Sungai Tengah. Aneka menu berbuka puasa ditawarkan 135 pedagang di pasar khusus, yang diresmikan Bupati HST Harun Nurasid, disaksikan jajaran pemerintahan dan unsur muspida, Sabtu, (21/7/2012) di Pasar Baru depan terminal Keramat.

Kepala Dinas Pariwisata, Ahmad Syahriani Effendi melaporkan, tahun ini ada peningkatan jumlah petak yaitu menjadi 125 unit dengan harga per unit, Rp 340 ribu. Pasar khusus Ramadan tersebut dibangun dan dikelola dinas Pariwisata bekerjasama dengan UPTD Pasar.
Pasar khusus Ramadan di HST menyajikan menu khas daerah, bahkan lauk atau sayuran dan kue yang lama tak tersedia di pasar sehari-hari.

Seperti kue ipau yang juga disebut pizza Arab, kue kararaban, pepes pucuk lumbu (daun keladi muda) pepes jamur tiram, pecal banjar berbumbu kacang tanah, dengan sayuran nangka muda, buah pepaya muda, kangkung yang serba direbus serta menu lainnya.
Bupati HST Harun Nurasid menyatakan, setiap tahun Pemkab HST senantiasa memfasilitasi pembangunan pasar Ramadan, agar kekayaan kuliner khas daerah tetap lestari dan dikenal generasi muda berikutnya. "Di tengah serbuat produk kemasan dan makanan dari daerah lain, kita berharap kuliner khas Kalsel, khususnya Barabai tetap eksis dan dikenal anak cucu kita,"kata Harun.

Menurut Harun, berdasarkan catatan pemkab, pada tahun-tahun sebelumnya, pasar ramadan di Barabai merupakan terlengkap, sehingga tak hanya dikunjungi warga lokal. Tapi juga warga se Banua Anam. "Ini karena pedagang kita menyajikan makanan yang beraneka ragam dengan rasa dan kualitas yang baik. Karena itu saya menimbau para pedagang tetap menjaga keuanggulan rasa,kualitas serta kebersihan dan kesehatannya,"imbaunya
Penulis: Hanani
Editor: Halmien
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas