A PHP Error was encountered

Severity: 4096

Message: Object of class stdClass could not be converted to string

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Object of class stdClass to string conversion

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: Object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

PDAM HSS Dinyatakan Sehat - Banjarmasin Post
  • Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 19 April 2014
Banjarmasin Post

PDAM HSS Dinyatakan Sehat

Selasa, 24 Juli 2012 14:16 WITA
BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Kementerian Pekerjaan Umum Badan Pendukung  Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) menyatakan PDAM HSS sebagai perusahaan sehat. Ini berdasarkan hasil audit penilaiannya pada 2011 yang mencakup empat indikator penilaian dari aspek keuangan, pelayanan, operasional dan sumber daya manusia (SDM).

Sebelumnya, pada 2009 dan 2010 PDAM HSS juga mendapatkan penilaian sebagai perusahaan sehat dari BPPSPAM. Dengan demikian, selama tiga tahun berturut sampai 2011 perusahaan ini berhasil mempertahankan predikatnya sebagai perusahaan sehat yang praktis juga memberikan dampak perbaikan pelayanan air secara kualitas dan kuantitas yang semakin meningkat bagi masyarakat pelanggannya.

Dirut PDAM HSS, H Sarbaini SE MM, membenarkan telah menerima hasil penilaian BPPSPAM Kementerian PU yang menyatakan PDAM HSS yang dalam kondisi sehat. “Alhamdulillah, ini berkat kerja keras dan kesungguhan semua pihak dari internal PDAM HSS, dukungan Pemkab HSS dan masyarakat. Saat ini peningkatan pelayanan air secara kualitas dan kuantitas terus kita genjot,” ucapnya.

Tak hanya ditetapkan sebagai perusahaan sehat, penilaian kinerja berdasarkan Permendagri No 47 Tahun 1999 melalui hasil audit dari indikator aspek keuangan, operasional dan administrasi pada 2010 dan 2011, PDAM HSS masuk sebagai perusahaan berkinerja baik.

Saat ini PDAM HSS menambah kemampuan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Amawang sebesar 20 liter per detik dengan jangkauan distribusi meliputi Kecamatan Simpur, Sungai Raya sampai Kandangan.

Sebelumnya kemampuan produksi air IPA Amawang hanya 15 liter per detik. Dengan tambahan 20 liter per detik total kemampuan IPA Amawang menjadi 35 liter per detik yang ditarget sudah beroperasi pada Oktober mendatang. Dengan kemampuan tersebut akan mampu melayani distribusi air lebih dari 3.000 pelanggan.

Sampai sekarang total pelanggan PDAM HSS mencapai 13 ribu dan sudah melampaui target 80 persen pelanggan wilayah perkotaan. Produksi dan distribusi air dikendalikan melalui tujuh unit IPA dengan total kemampuan produksi air, 240 liter per detik. Dengan kemampuan produksi sebesar itu lebih dari 20 ribu pelanggan dapat dilayani. 

Sarbaini, menjelaskan investasi peningkatan kemampuan IPA untuk memperkuat kemampuan produksi air memenuhi tuntutan kebutuhan masyarakat pelanggan.

Strategi rencana investasi pengembangan ditekankan memanfaatkan seoptimal mungkin bantuan penyertaan modal pemerintah daerah untuk menunjang sasaran perusahaan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam hal kebutuhan air bersih.

“Setiap rupiah dana penyertaan modal yang diinvestasikan untuk pengembangan PDAM bukan hanya menghasilkan output tapi outcome (hasil) yang dapat dinikmati langsung masyarakat," ucapnya.

Menurutnya,  investasi besar tapi tidak tepat sasaran ujungnya membebani tarif masyarakat pelanggan.  "Karena itu investasi harus mempertimbangkan pasar dan manfaat terhadap pengembangannya,” tambahnya.
Penulis: Syaiful Akhyar
Editor: Anjar
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
15545 articles 13 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
© 2014 TRIBUNnews.com All Right Reserved About Us Privacy Policy Help Terms of Use Redaksi Info iklan Contact Us Lowongan
Atas