Minggu, 21 Desember 2014
Banjarmasin Post

Tarawih di Pesawat

Minggu, 12 Agustus 2012 01:40 WITA

Diasuh: H Fathurrahman Azhari

Waktu Jakarta dan Banjarmasin beda satu jam. Kami sahur di Jakarta, berbuka di Banjarmasin. Bagaimana puasa kami? Lalu, perjalanan Jakarta-Jeddah sembilan jam, kalau mau tarawih di pesawat bagaimana hukumnya?
08162122xxx


Allah mewajibkan puasa di waktu siang. Waktu siang itu ditandai dengan datangnya fajar (subuh) sampai dengan terbenamnya matahari. Sebagaimana firman Allah dalam Surah Al-Baqarah ayat 187 yang artinya, “Dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam.”

Bukhori meriwayatkan Ibnu Abu Aufa berkata, “Kami pernah bersama Rasulullah Saw dalam suatu perjalanan yang ketika itu Beliau berkata kepada seseorang: Turunlah di sini dan siapkan minuman buatku. Orang itu berkata: Wahai Rasulullah, bukankah masih ada matahari? Beliau berkata lagi: Turunlah (berhenti di sini) dan siapkan minuman buatku. Orang itu berkata, lagi: Wahai Rasulullah, bukankah masih ada matahari? Beliau berkata lagi: Turunlah dan siapkan minuman buatku. Maka orang itu berhenti lalu memberikan minuman kepada Beliau. Lalu Beliau minum kemudian melempar sesuatu ke suatu arah lalu bersabda: Apabila kalian telah melihat malam sudah datang dari arah sana maka orang yang puasa sudah boleh berbuka. Maksudnya adalah datangnya gelap secara fisik.

Berdasarkan dalil di atas, maka puasa itu dilaksanakan mulai terbit fajar sampai terbenam matahari. Oleh karena itu jika dalam perjalanan dari Jakarta ke Banjarmasin tak mengapa  berpuasa menurut waktu Jakarta dan berbuka menurut  waktu Banjarmasin.

Mengenai salat tarawih dalam perjalanan dari Jakarta ke Jeddah, mengenai salat fardu, Allah memberikan keringanan untuk menjamak dan qashar, baik jamak taqdim atau jamak takhir. Kemudian salat yang empat rakaat bisa dipendekkan jadi dua rakaat.

Jika salat fardu saja mendapat keringanan apalagi salat sunat seperti tarawih. Namun jika tidak ada kesulitan kerjakanlah salat tarawih seperti biasa. Soalnya salat tarawih adalah salat sunat yang dikhususkan waktunya hanya di bulan Ramadhan dan memiliki nilai ibadah yang besar dan Allah mengampuni dosa yang telah lalu (maksudnya dosa kepada Allah). (ful)
Editor: Sudi

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas