Minggu, 3 Mei 2015

10 Jenazah Korban Surya Indah Muncul Bersamaan

Senin, 17 September 2012 08:21

10 Jenazah Korban Surya Indah Muncul Bersamaan
tribunkaltim.com
KM Surya Indah


10 jenazah ini timbul bersamaan dengan beberapa peralatan kapal dan barang penumpang. Menurut petugas SAR Kota Balikpapan yang dihubungi via telpon, jangkar tugboat Bloro 27 menarik bagian dapur di buritan kapal karena selain kesepuluh jenazah tersebut ikut bermunculan pula ke permukaan barang-barang seperti kulkas, tas-tas penumpang, dan beberapa perabot ruang makan.


Namun, hingga berita ini diturunkan belum diketahui identitas kesepuluh jenazah tersebut. Proses identifikasi masih dilakukan oleh tim Disaster Victim Identification (DVI) Polda Kaltim.


Sebelumnya tim SAR telah menemukan empat jenazah lainnya. Dimulai sekitar pukul 05.45 dengan ditemukannya jenazah Ellen (27), kemudian pukul 08.15 ditemukan jenazah Denis (16), dan pukul 09.08 jenazah Coliq (18) ditemukan serta pukul 10.00 WITA ditemukan pula jenazah Sutono (57). Keempat korban ini ditemukan di sekitar tempat karamnya kapal.


Sekitar pukul 15.00 Wita, operasi SAR kembali dilanjutkan dengan cara menarik bagian kapal menggunakan dengan maksud untuk menghancurkan potongan-potongan kapal. Dengan cara inilah kemudian 10 jenazah ditemukan terapung di air.


"Dengan ditemukannya 14 orang hari ini, maka total jenazah yang sudah ditemukan oleh tim SAR gabungan dari hari pertama berjumlah 22 orang. Dari 122 data penumpang yang ada di posko, maka tersisa tujuh orang lagi yang masih belum ditemukan. Besok rencananya kami akan melakukan pencarian di permukaan," kata Harmoniadi, Kepala Kantor SAR Balikpapan.


Sementara itu, tujuh jenazah yang telah ditemukan dan berhasil diidentifikasi dibawa ke Balikpapan melalui jalan darat untuk selanjutnya diterbangkan ke Jawa. Data dari Bantuan Darurat (Banda) Indonesia Balikpapan menyebutkan, ketujuh jenazah tersebut adalah Muhsinun beralamat di Kebon Sari, Jember, Jawa Timur (Jatim), Samsul Arifin dengan alamat yang sama, Bagus Denis Sunarwan masih di alamat yang sama serta Sutono juga di alamat tersebut di atas. Tiga jezanah lainnya, yakni Sumini Rambon, Nganjuk, Jatim serta Muhidin dan 7.Coliq Sa'dulah  di Demak Jawa Tengah.


Sedianya menurut informasi yang diterima melalui Haryono, petugas Mortuary Rumah Sakit Kanujoso Djatiwibowo, ketujuh jenazah akan tiba Minggu (16/9) sekitar pukul 21.00 Wita. Namun, menurut Agustinus Bayuadji, Relawan Banda Indonesia seluruh jenazah baru akan tiba di Balikpapan Senin (17/9) dinihari sekitar pukul 02.00 Wita.

Halaman123
Editor: Edibpost
Sumber: Tribun Kaltim
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas