Suku Merina di Madagaskar Mirip dengan Suku Maanyan di Kalteng

Sebagian penduduk Madagaskar, sebuah negara di Afrika, diyakini berasal dari Indonesia

Suku Merina di Madagaskar Mirip dengan Suku Maanyan di Kalteng
Net
Ilustrasi seorang warga dari suku Merina di Madagaskar

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Sebagian penduduk Madagaskar, sebuah negara di Afrika, diyakini berasal dari Indonesia. Penduduk itu disebut suku Merina dengan bahasa yang mirip Dayak Maanyan. Masyarakat Merina dan Maanyan memiliki ribuan kosa kata yang sama.

Menurut Direktur Afrika, Kementerian Luar Negeri, Lasro Simbolon di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Selasa (13/11/2012), pihaknya berencana melakukan penelitian dan pengumpulan data tentang kesamaan suku Merina dan Maanyan. Langkah itu akan dilaksanakan dengan verifikasi.

"Mungkin kami akan melibatkan LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia). Jadi, informasi tidak hanya berasal dari perpustakaan," ujarnya. Penelitian diharapkan dapat membuat hubungan antara Indonesia dengan Afrika khususnya Madagaskar, semakin erat.

Hubungan sosial budaya Merina dan Maanyan tercermin melalui kontak kedua pihak sekitar 1.200 tahun lalu dengan misi dagang dari Indonesia ke Madagaskar. Bukti kontak budaya misalnya ditunjukkan dengan bahasa Malagasy yang dipakai Merina. Malagasy punya k aitan erat dengan bahasa-bahasa Malayo-Polynesia.

Malayo-Polynesia digunakan penduduk Indonesia, Malaysia, dan Filipina. Tapi, Malagasy amat mirip dengan bahasa Maanyan, tutur Lasro. Sebagai contoh, kata belum memiliki arti yang sama dengan bรง lum dalam bahasa Malagasy. Sistem bercocok tanam khususnya padi kedua suku itu juga menunjukkan persamaan.

Editor: Halmien
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved