Home »

Kolom

» Koma

Angka 4 ‘Keramat’

Pada 1956, psikolog asal AS, George Miller lewat jurnal Psychological Review menyatakan pikiran manusia hanya bisa memproses maksimal tujuh bagian informasi dalam satu waktu.

Angka 4 ‘Keramat’
blogspot
Ilustrasi
BANJARMASINPOST.CO.ID - Pada 1956, psikolog asal AS, George Miller lewat jurnal Psychological Review menyatakan pikiran manusia hanya bisa memproses maksimal tujuh bagian informasi dalam satu waktu. Karena itu, angka tujuh seolah menjadi angka keramat.

Baru-baru ini, psikiater dari University of New South Wales (UNSW), Gordon Parker, menentang pandangan itu. Dalam publikasi terbaru di jurnal Acta Psychiatrica Scandinavica, Parker menyatakan manusia hanya bisa memproses maksimal empat bagian informasi sekaligus.

“Jadi, untuk mengingat nomor telepon, misalnya 6458937, kita perlu membaginya menjadi empat bagian, 64-58-93-7. Pada dasarnya, empat adalah batasan persepsi kita,” katanya, kemarin.

Parker mengungkapkan, 50 tahun setelah Miller, masih ada pertanyaan tentang kapasitas otak yang sebenarnya. Kapasitas otak mungkin tak terbatas, hanya ada batasan durasi agar informasi bisa tetap ada di memori jangka pendek. (psy/kps)

Ikuti kami di
Editor: Dheny Irwan Saputra
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2016
About Us
Help