Jumat, 19 Desember 2014
Banjarmasin Post

Di Palangkaraya, Bersihkan Roh Jahat Lewat Potong Kepala Kerbau

Senin, 31 Desember 2012 10:57 WITA

Di Palangkaraya,  Bersihkan Roh Jahat Lewat Potong Kepala Kerbau
fathurhahman/bpost online
Sebuah benda hasil ritual mamapas lewu di gantung di bagian atas pintuk masuk Balai Besar Hindu Kaharingan Sebuah benda hasil ritual mamapas lewu di gantung di bagian atas pintuk masuk Balai Besar Hindu Kaharingan.
BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA- Upacara mamapas lewu maarak sahur palus mangantung sahur lewu berlanjut pada, Senin (31/12) sejak pagi hingga sore.

Upacara pada hari kedua tersebut merupakan upacara pemotongan hewan korban sapi atau kerbau yang merupakan acara puncak dari mamapas lewu yang digelar sejak kemarin dan akan berakhir besok.

Hewan yang telah dipotong melalui upacara adat di Balai Hindu Kaharingan di masak dan dimakan, ini sebagai perlambang rasa syukur bahwa masyarakat Kalteng bisa menjalani tahun 2012 dengan baik dan berharap tahun 2013 akan semakin baik dari tahun ini.

Kepala kerbau atau sapi yang dipotong akan di tanam di lahan Bundaran Besar Palangkaraya yang akan dilakukan Selasa besok. Ketua Majelis Besar Hindu Kaharingan Pusat, Lewis KDR, mengatakan, acara Mamapas lewu mengandung arti membersihkan wilayah atau daerah dari pengaruh-pengaruh atau perbuatan jahat/buruk, baik yang dilakukan oleh manusia maupun oleh roh jahat terhadap kehidupan manusia.
Penulis: Fathurahman
Editor: Edibpost

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas