• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 31 Oktober 2014
Banjarmasin Post

Kantor Imigrasi Siapkan Map Bagi Pemohon Paspor

Rabu, 30 Januari 2013 22:49 WITA
Kantor Imigrasi Siapkan Map Bagi Pemohon Paspor
NET
Ilustrasi
BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Awal Februari 2013 mendatang, Kantor Imigrasi Kelas I Banjarmasin menyediakan map bagi pemohon paspor. Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Banjarmasin, Ary Budijanto mengatakan, selama ini pihaknya tidak memaksakan bagi pemohon pembuatan paspor untuk membeli map di koperasi.

Dirinya mepersilakan pemohon membawa map sendiri berwarna kuning.
Tetapi menurutnya pada Februari mendatang koperasi tidak lagi menjual map tersebut.

"Mulai Februari mendatang, map sudah kami siapkan, dan biaya pengadaan map itu sendiri ditanggung oleh anggaran kantor. Kami selama ini tidak mengharuskan pemohon membeli map, tetapi bagi yang tidak membawa map kuning dapat membelinya di koperasi," jelasnya.

Humas dan Tata Usaha Ditjen Imigrasi, Maryoto Sumadi mengatakan, kebijakan jajarannya yang baru adalah map disediakan oleh masing-masing kantor imigrasi dan tidak boleh dijual. Mulai diberlakukan pada awal Februari 2013 mendatang.

Sebelumnya, pada hasil pengamatan atas pelayanan publik oleh Tim Koordinasi dan Supervisi Pencegahan Perwakilan BPKP Kalsel pada Kantor Imigrasi Kelas I Banjarmasin periode 2012, ketentuan penjualan map kepada pemohon oleh koperasi pegawai Kantor Imigrasi tidak dibuat secara tertulis. Sebuah map untuk permohonan paspor dijual dengan harga antara Rp 10.000.

Kepala Perwakilan BPKP Kalsel, Edy Karim mengatakan, namanya pelayanan maka sebaiknya jangan membebankan kepada masyarakat. Ketika pemohon membeli map, maka biaya pembuatan paspor menjadi bertambah untuk membeli map tersebut.
Penulis: Hasby
Editor: Anjar
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas