Rifki Usulkan Ombudsman Kalsel

Komisi Pemilihan Umum membentuk Tim Seleksi Calon Anggota KPU Provinsi Kalsel melalui

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN- Komisi Pemilihan Umum membentuk Tim Seleksi Calon Anggota KPU Provinsi Kalsel melalui SK bernomor 32/Kpts/KPU/Tahun 2013. Adapun anggota Tim Seleksi terdiri, M Rifqinizamy Karsayuda, Gazali Rahman, Prof Ahmad Khairuddin, Andi Tenri Sompa, dan Rosita Saifudin.

Rifqinizamy Karsayuda mengatakan, secara pribadi dirinya mengucapkan terimakasih atas kepercayaan KPU Pusat terhadap dirinya untuk menjadi salah satu Tim Seleksi KPU Provinsi Kalsel. Kepercayaan yang diberikan adalah bentuk apresiasi terhadap profesi dan kariernya sebagai dosen hukum tata negara selama ini.

"Secara pribadi akan mengajak seluruh anggota Tim Seleksi agar bekerja dalam koridor netralitas, transparansi dan menjunjung tinggi kapasitas dan integritas calon. Karenanya akan mengusulkan pada pleno tim seleksi nanti, agar mekanisme seleksi anggota KPU Provinsi Kalsel dilakukan secara transparan dan melibatkan partisapsi publik," ujarnya.

Dirinya juga berkeinginan mengajak Ombudsman RI Kalsel dan unsur media massa untuk menjadi pengawas kinerja Tim Seleksi. Mulai dari penyerahan soal dan kunci jawaban oleh KPU Pusat kepada Tim Seleksi, proses pengoreksian tes tertulis, proses pemberian nilai dan skor disaksikan oleh ombudsman dan unsur pers sebagai refresentasi publik.

"Bahkan, dalam proses wawancara 20 besar menuju 10 besar, dilakukan dalam sidang terbuka. Publik bisa menyaksikan secara langsung, dengan cara itu mekanisme seleksi akan mudah dipertanggungjawabkan dan meminimalisir berbagai manipulasi dan intrik yang dapat dilakukan oleh berbagai kalangan dalam proses ini," ujarnya.

Sekretaris KPU Provinsi Kalsel, Bambang Setiawan mengatakan, pihaknya menerima surat keputusan KPU melalui faks pada pukul 10.00 Wita. Dia pun membacakan isi keputusan KPU itu, sebelum melaksanakan tugas-tugas.

"Tim Seleksi terlebih dulu menetapkan susunan keanggotaan yang teridi atas satu orang Ketua merangkap Anggota, satu orang Sekretaris juga merangkap anggota dan tiga orang anggota," imbuhnya.

Penulis: Hasby
Editor: Edi Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved