Jemaah Umrah Tidur di Garasi

Emosi membuncah di hati ratusan anggota jemaah umrah asal Kalsel dan Kalteng. Berhari-hari

Jemaah Umrah Tidur di Garasi
Aprianto
ilustrasi: Suasana pelepasan jemaah umroh dari Korem 101 Antasari, Sabtu (26/5/2012).

“Kami telantar di sini,” ucap salah seorang anggota jemaah, Subhan kepada BPost, Selasa (2/4).

Dia mengungkapkan jemaah yang hingga kini belum mendapat kepastian berangkat ke Arab Saudi itu berjumlah 56 orang dari Kalsel dan 69 orang dari Kalteng.

Mereka menggunakan jasa rom bongan Travel Borgo Kelana Tour yang memiliki cabang di Banjarmasin dan Palangkaraya. Selama di Jakarta, rombongan dari Kalsel ditempatkan di salah satu rumah di kawasan Bintaro.

Sementara rombongan dari Kalteng ditempatkan di kawasan Pondok Gede. Kabarnya, dua rumah itu milik keluarga pemilik travel. Sebelumnya, mereka pernah ditempatkan di penginapan dan asrama haji.

Tragisnya, sebagai jemaah yang sudah membayar, mereka harus tidur dalam kondisi seadanya. Hanya beralas tilam, bahkan ada yang berdesakan tidur di dalam garasi.

“Jadwal terbang terus ditunda. Selama itu pula kami mengeluarkan biaya sendiri untuk hidup di sini,” tegas Subhan.

Sudah berapa lama? “Rombongan dari Kalsel sudah 10 hari, sementara dari Kalteng sudah sebulanan lebih,” tegas dia.

Diungkapkan Subhan, semula mereka dijanjikan terbang pada 26 Februari 2013 kemudian diundur 15 Maret 2013. Tetapi gagal lagi. Baru pada 23 Maret 2013, jemaah diberangkatkan namun hanya sampai Jakarta. “Di sana, kami diinapkan karena pemberangkatan kembali ditunda menjadi 30 Maret 2013,” ujarnya.

Pada akhir Maret, lagi-lagi pemberangkatan batal. Janji terbaru menyebut 4 April 2013. Tetapi hingga kemarin, pasti-tidaknya penerbangan belum ada. Saat mendatangi kantor pusat biro travel itu di kawasan Cilandak Barat, kantor itu sepi. Petugasnya pun tidak bisa memberi jawaban tegas jika ditanya.

“Jawaban pihak travel simpang siur. Dirutnya sulit dihubungi. Siang ini (kemarin) kami belum diberi makan. Kami kelaparan. Belum kebutuhan lain, kami harus membeli sendiri,” tegas dia.

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Edibpost
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2016
About Us
Help