Akhirnya, Roy Suryo Minta Maaf

Menpora Roy Suryo akhirnya meminta maaf kepada masyarakat. Dia mengakui telah melakukan kesalahan

Akhirnya, Roy Suryo Minta Maaf
net
Roy Suryo

BANJARMASINPOST.CO.ID, YOGYAKARTA - Menpora Roy Suryo akhirnya meminta maaf kepada masyarakat. Dia mengakui telah melakukan kesalahan saat menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya ketika berusaha menenangkan para pendukung Persib Bandung dan Persija Jakarta, yang bertanding di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta.

Permintaan itu disampaikan Roy melalui akunnya di Twitter. “Tweeps Yth, Tadi ada “insiden” saat Mendamaikan Supporter Persija-Persib Menyanyikan Lagu Indonesia Raya karena mengikuti Flow. Mohon Maaf,” tulis Roy, Rabu (28/8).

Rekaman insiden kesalahan syair lagu yang diucapkan sang menteri itu diunggah ke situ YouTube sehingga banyak orang yang mengetahui. Video diunggah oleh sejumlah akun, seperti Hilyafesmia, Indonesianewsmaker, dan Lucungakak. Yang kali pertama diunggah berdurasi 25 detik.

Komentar pun bermunculan. Salah satunya dari mantan anggota DPR Alvin Lie. “Bgmn dulu @SBYudhoyono memilih Menteri ya? “ tulis Alvien.

Komentar lucu ditulis oleh pengamat musik Denny Sakrie (@dennysakrie. “Menteri Roy Suryo dulu mengklaim menemukan bbrp stanza Indonesia Raya eh skrg malah gak hapal Indonesia Raya,” tulisnya.

Laga antara Persib dan Persija dalam lanjutan Indonesia Super League (ISL) merupakan  partai tunda. Dua kesebelasan batal bertanding di Jakarta, lantaran bus pemain Persib Bandung dilempari batu oleh massa.

Namun, saat pertandingan baru berlangsung sekitar 19 menit terdengar suara ledakan keras dari tribun penonton. Wasit pun sempat menghentikan pertandingan. Saat itulah, Roy  berusaha menenangkan para pendukung kedua kesebelasan. Dia mengaku menyesalkan adanya peledakan mercon dalam ukuran besar itu karena bisa memancing kerusuhan antarpendukung dua kesebelasan tersebut.

Cara yang digunakan Roy untuk menenangkan penonton adalah mengajak mereka menyanyikan Indonesia Raya. Tragis, dia salah syair saat bernyanyi melalui pengeras suara. “Indonesia Tanah Airku, tanah tumpah darahku. Di sanalah Tanah Airku…,” ucap politisi Partai Demokrat (PD) itu.

Berdasar rekaman, saat menyadari melakukan kekeliruan, Roy langsung terdiam dan memalingkan muka ke kanan dan kiri. Dia memberikan kesempatan penonton untuk menyelesaikan lagu. Manejer Persib Bandung Umuh Muchtar pun sontak ‘mengambil alih’kendali suara melalui mikrofon.

Tunggu Laporan

Meskipun sempat beberapa kali dihentikan oleh wasit Prasetyo Hadi akibat adanya aksi suporter yang masuk ke lapangan dan melempar benda keras-benda keras, pertandingan bisa berlangsung sampai peluit panjang dibunyikan.

Laga bertajuk Derby Indonesia itu berakhir imbang 1-1. Macan Kemayoran unggul terlebih dahulu pada babak pertama melalui gol yang dicetak Muhammad Ilham pada menit -22. Maung Bandung menyamakan kedudukan pada babak kedua di menit 72 melalui Sergio van Dijk.

CEO PT Liga Indonesia, Joko Driyono mengapresiasi kinerja panitia pelaksana yang bisa menyelenggarakan pertandingan sampai selesai. “Ini merupakan sejarah di mana kelompok suporter The Jakmania dan Bobotoh bisa menyaksikan langsung laga tersebut di stadion, meskipun tidak bertemu di Jakarta atau Bandung, melainkan di Sleman,” katanya.

Joko mengatakan menunggu laporan pertandingan dari pengawas pertandingan terkait  laga tersebut. “Mengenai kejadian-kejadian yang terjadi di lapangan, kami menunggu laporan dari pengawas pertandingan,” katanya. (tribunnews/aco/ery/tj/tik)

komentar lucu tweep
@dennysakrie: Menteri Roy Suryo dulu mengklaim menemukan bbrp stanza Indonesia Raya eh skrg malah gak hapal Indonesia Raya
@Sandi_alfarizie: Lagu kebangsaan aja gak hafal, gimana albumnya pak SBY
@fcbfi_Bandung: Roy Suryo mungkin menteri naturalisasi. Jadi wajar dia gak hafal lagu Indonesia Raya
@babecabiita: Roy Suryo mungkin dulu masuk siang waktu sekolah. Makanya gak hapal lagu Indonesia Raya. Ga pernah upacara

Tags
Roy Suryo
Editor: Anjar Wulandari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved