Acara Dipusatkan di Bali

Miss World Jalan Terus

Meski banyak penolakan bahkan ancaman pembubaran, pemerintah menyatakan tetap

Miss World Jalan Terus
kompas.com
Sejumlah kontestan Miss World menghadiri Press Conference di Hotel Westin, Nusa Dua, Bali, Sabtu (7/9/2013). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Meski banyak penolakan bahkan ancaman pembubaran, pemerintah menyatakan tetap menggelar ajang Miss World 2013.

Namun, gelaran kontes kecantikan itu hanya akan dilaksanakan di Bali. Sebelumnya, acara puncak akan diadakan di Sentul, Jabar.

Minggu (8/9) ini, event tersebut dimulai dan berakhir pada Kamis (28/9) mendatang.

Keputusan tersebut berdasar rapat koordinasi antara Menko Kesra Agung Laksono, Kapolri Jenderal Timur Pradopo serta Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar. Hasil rapat kemudian disampaikan kepada Wakil Presiden Boediono, Sabtu (7/9).

“Acara tetap berjalan, tetapi disentralisasi di Pulau Bali dari pembukaan hingga penutupan. Terdapat perubahan-perubahan dari acara Miss World yang benar-benar disesuaikan, baik aspirasi masyarakat maupun  demi kemajuan pariwisata Indonesia,” kata Agung.

Ditegaskan dia, pemerintah menampung berbagai aspirasi dari masyarakat terkait gelaranyang diikuti perwakilan 130 negara tersebut. Selain itu juga mempertimbangan berbagai pelaksanaan yang sudah dilakukan panitia.

Agung memastikan penyelenggaraan kontes tersebut sudah disesuaikan dengan norma dan kebudayaan serta adat istiadat Indonesia. Karena itu, acara-acara yang dipandang tidak sesuai dengan norma dan budaya Indonesia ditiadakan, semisal  peragaan bikini atau pakaian renang oleh kontestan.

“Bahkan panitia meminta  peserta menggunakan pakaian daerah Indonesia. Dengan begitu, ada aspek pengenalan budaya Indonesia yang tinggi dalam ajang ini. Saya kira ini juga sangat tepat,” kata Agung,

Kepada pers, Timur menegaskan polisi siap mengamankan pelaksanaan ajang Miss World.

“Tentunya dilakukan oleh kepolisian daerah setempat dan dibantu seluruh unsur, termasuk masyarakat. Jumlah personel disesuaikan kondisi,” ucap dia.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Syamsudin
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2016
About Us
Help