Kawasan Strategis Nasional

SELAMAT Hari Jadi Kota Banjarmasin ke-487. Tua sudah kota kita ini. Bahkan lebih tua satu tahun dari Jakarta.

Kawasan Strategis Nasional
net
Kota Banjarmasin

News Analysis
Bachtiar Noor
Pengamat Tata Ruang dan Perkotaan

BANJARMASINPOST.CO.ID - SELAMAT Hari Jadi Kota Banjarmasin ke-487. Tua sudah kota kita ini. Bahkan lebih tua satu tahun dari Jakarta.

Banjarmasin merupakan ibukota provinsi terkecil setelah Yogyakarta. Mungkin sepertiga puluh saja dari Palangkaraya luasnya. Namun kepadatannya sudah tinggi, bahkan lebih dari Jakarta, Surabaya dan Semarang.

Ruang di Banjarmasin jadi terbatas, sementara ekonomi tumbuh pesat. Implikasinya, kini keberadaan sungai di Banjarmasin ini sudah hilang. Pinggiran kota jadi lingkungan kumuh dan kondisi pinggiran kota tak tersentuh pembangunan.

Saya prediksi, kalau dengan anggaran yang ada sekarang ini baru bisa 70 tahun mendatang semua bisa tersentuh pembangunan. Sebuah prediksi waktu yang begitu panjang. Ya, begitulah keadaannya.

Saya mengapresiasi apa-apa yang telah dilakukan pemerintah kota Banjarmasin. Membangun bukan perkara mudah, mengingat anggaran yang minim. Untuk itu sangat diharapkan, ada implementasi lebih lanjut terkait Banjarmasin jadi kota metropolitan Banjar Bakula. Bila sudah ada perda untuk metropolitan itu bisa melangkah ke tingkat nasional, bila demikian anggaran yang diterima bisa lebih besar lagi.

Sangat diharapkan, Banjarmasin bisa jadi kawasan strategis nasional. Bila ini sudah didapat, pembangunan infrastruktus akan makin mudah. Saya optimistis pembangunan lebih merata.

Jadi APBD yang selama ini ada diperebutkan cuma untuk pembangunan sarana dan infrastruktur dalam kota bisa dialihkan ke kawasan pinggiran. Ini kita sudah terlambat. Hidupkan metropolitan. Jangan sampai Metropolitannya Banjarmasin mati suri. (kur)

Editor: Anjar Wulandari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved