• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 2 September 2014
Banjarmasin Post

Wakil Bupati Lebak Diperiksa KPK 10 Jam

Rabu, 9 Oktober 2013 22:16 WITA
Wakil Bupati Lebak Diperiksa KPK 10 Jam
| Dian Maharani/Kompas.com
Wakil Bupati Lebak, Banten, Amir Hamzah seusai diperiksa di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi, Jakarta, Rabu (9/10/2013) malam. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Wakil Bupati Lebak Amir Hamzah diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) selama sekitar 10 jam, Rabu (9/10/2013). Amir dimintai keterangannya sebagai saksi terkait penyidikan kasus dugaan suap kepengurusan sengketa pemilihan kepala daerah di Lebak, Banten.

Ketika keluar dari Gedung KPK, Amir langsung diberondong sejumlah pertanyaan oleh wartawan. Namun Amir yang mengenakan kemeja batik berwarna hijau-biru itu hanya tersenyum.

Dalam kasus ini, KPK menetapkan tiga tersangka, yakni Ketua Mahkamah Konstitusi nonaktif Akil Mochtar, pengusaha Tubagus Chaeri Wardana yang juga adik dari Gubernur Banten Ratut Atut Chosiyah, serta pengacara bernama Susi Tur Andayani.

KPK memeriksa Amir sebagai saksi untuk para tersangka karena dianggap tahu seputar kasus ini. Amir dan pasangannya Kasim bin Saelan dicegah KPK bepergian ke luar negeri sejak 7 Oktober 2013.

Dalam kasus dugaan suap-menyuap terkait kepengurusan sengketa pemilihan kepala daerah di Lebak, nama Amir-Kasim disebut-sebut. Pasangan Amir dan Kasmin beberapa waktu lalu mengajukan gugatan ke MK atas putusan KPU yang memenangkan pasangan Iti Octavia dan Ade Sumardi. MK pun mengabulkan gugatan Amir dan memerintahkan KPU mengulang Pilkada Lebak.

KPK menduga ada uang yang diberikan kepada Akil terkait putusan MK ini. Uang diduga diberikan oleh Tubagus. Diduga, Atut merupakan pihak yang memerintahkan pemberian uang kepada Akil agar pasangan Amir-Kasmin dimenangkan dalam sengketa pilkada. Beberapa waktu lalu, KPK memanggil ajudan Amir yang bernama Deni dan Eko untuk diperiksa sebagai saksi.

Editor: Sigit Rahmawan Abadi
Sumber: Kompas.com
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
252622 articles 13 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas