Microsoft Dirikan Pusat Keamanan Cyber

Microsoft membangun pusat investigasi kejahatan siber (cyber crime center) baru untuk melawan berbagai program berbahaya

Microsoft Dirikan Pusat Keamanan Cyber
net
ilustrasi

BANJARMASINPOST.CO.ID - Microsoft membangun pusat investigasi kejahatan siber (cyber crime center) baru untuk melawan berbagai program berbahaya dan kejahatan di dunia maya. Fasilitas baru ini dibangun di kantor pusat Microsoft di Redmond, Washington, AS.

Tempat tersebut akan menjadi "rumah" bagi para ahli keamanan, ahli hukum siber, peneliti, teknisi, dan analis forensik di Microsoft. Mereka bisa menggunakan fasilitas baru tanpa dibatasi oleh waktu untuk kepentingan penyelidikan.

"Kejahatan siber memang terjadi di kehidupan nyata, dan semakin parah. Ini bukan acara televisi. Kami memiliki banyak kasus penting yang harus dikerjakan sekarang juga," kata David Finn, yang memimpin unit kejahatan digital di Microsoft, seperti dilansir Reuters, Kamis (14/11/2013).

Fasilitas baru tersebut memiliki laboratorium untuk membedah sampel program berbahaya yang dapat diakses hanya dengan otorisasi sidik jari. Di ruangan lain, monitor melacak negara dan penyedia jasa internet yang di mesin server-nya terdapat program berbahaya.

Selain melawan program jahat seperti malware dan botnet, Microsoft juga menangani kejahatan siber seperti pornografi anak dengan memanfaatkan teknologi PhotoDNA yang mendeteksi foto dengan gambar yang sama.

Microsoft juga membantu mitra pembuat hardware dalam mengidentifikasi laptop-laptop yang dicuri. Setiap laptop memiliki kode aktivasi unik yang memungkinkan seorang pekerja Microsoft untuk mendeteksi di mana laptop itu berada.

Editor: Edinayanti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved