Kalteng akan Bangun MAN Unggulan

Di Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, dalam waktu dekat akan berdiri sekolah unggulan

Kalteng akan Bangun  MAN Unggulan

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Di Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, dalam waktu dekat akan berdiri sekolah unggulan agama islam Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia.

Sekolah ini akan d bangun di Jalan Mahirmahar dengan luas lahan mencapai 10 hektare.

Kepala Kemenag Kota Palangkaraya, Baihaqi, Selasa (17/12/2013) mengatakan, saat ini pembangunan sekolah unggulan tersebut sudah masuk tahap pembangunan pondasi dan rangka.

Diperkirakan dalam satu dua tahun mendatang akan selesai dan operasional.

"Saya berharap ketika sekolah tersebut operasional, tidak adalagi warga yang mencari sekokah di luar Kalteng. Karena sekolah ini adalah sekolah unggulan. Pengelolaan sekolah akan langsung dilakukan oleh Kementerian Agama Pusat, kami hanya membantu," katanya.

Senada, Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kalimantan Tengah, Jawahir Tantowi. ota Palangkaraya, mengatakan Kalimantan Tengah akan memiliki sekolah unggulan nasional Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia yang hanya ada tiga di Indonesia.

"Tahun ini  mulai dibangun dengan anggaran Rp 13 miliar untuk tahap pertama dan direncanakan akan operasional 2015 mendatang. Ini adalah sekolah kebanggaan warga Kalteng, karena minat masyarakat untuk masuk ke sekolah madrasah sangat tinggi, sehingga dibangunlah sekolah unggulan agama tersebut," katanya.

Dia mengatakan, kurikulum MAN Insan Cendikia itu, ada yang umum ada juga yang agama. Sedangkan para guru yang akan mengisi di sekolah tersebut adalah guru unggulan yang diseleksi secara ketat baik guru lokal maupun guru yang berasal dari provinsi lain.
"Bahkan para guru yang mengajar di sekolah itu akan tinggal di asrama sekolah itu, demikian juga siswa dan siswinya juga semuanya masuk asrama," katanya.

Dia menambahkan, semua siswa yang masuk sekolah tersebut nantinya harus hafal Alquran.

"Ini mencontoh dari sekolah yang sama di Gorontalo, rata-rata siswa dan siswi yang lulus di sekolah tersebut sudah ada link masuk ke perguruan tinggi ternama di Indonesia seperti di UGM, UI, IPB, Unair bahkan ada yang juga lolos ke luar negeri," katanya.

Penulis: Fathurahman
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved