Banjarmasin Bakal Punya Kampung Rumah Banjar.

Program pelestarian Rumah Banjar segera dijalankan oleh pemerintah Kota Banjarmasin. Sesuai yang dijanjikan, 2014 ini

Banjarmasin Bakal Punya  Kampung Rumah Banjar.
M Elhami/BPost
Satu rumah berarsitektur khas budaya banjar, di Jalan Antasan Kecil Barat atau disebut juga kampung arab, Minggu (22/12/2013). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Program pelestarian Rumah Banjar  segera dijalankan oleh pemerintah Kota Banjarmasin. Sesuai yang dijanjikan, 2014 ini programkan akan mulai dijalankan.

Ada beberapa kawasan yang nantinya akan dijadikan tempat wisata Rumah Banjar, di antaranya kawasan Sungai Jingah, Kuin dan masih ada beberapa kawasan belum ditetapkan.

Plh Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Olahraga Kota Banjarmasin Hermansyah, Rabu (1/1/2014) menjelaskan, program pelestarian Rumah Banjar akan dimulai pada Februari dan Maret.

"Kita akan lakukan tahap demi tahap dulu, survei kawasan, menginventarisasi, serta melakukan pertemuan-pertemuan untuk menyosialisasikan program ini," ungkapnya.

Rencananya kalau sudah ditetapkan, kawasan tersebut akan dijadikan tempat wisata bagi warga Kota Banjarmasin, Kalimantan bahkan Indonesia. Beberapa rumah berarsitektur Banjar akan direnovasi kembali. Tentu saja harus bernegosiasi terlebih dahulu dengan pemilik rumah.

"Ini memang keinginan pemerintah kota sejak dulu, yang bertujuan membuat ikon kawasan Rumah Banjar atau disebut Kampung Banjar untuk meningkatkan pariwisata di Banjarmasin," bebernya.

Dia pun mengharapkan program ini akan mendapatkan dukungan masyarakat yang kawasannya akan dijadikan Kampung Banjar.

Penulis: Elhami
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help