Kalsel Siap Gelar Piala Nusantara

PSSI segera menggelar liga amatir Piala Nusantara yang diikuti klub-klub amatir di seluruh Indonesia

Kalsel Siap Gelar Piala Nusantara
banjarmasinpost.co.id
Peseban Banjarmasin 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - PSSI segera menggelar liga amatir Piala Nusantara yang diikuti klub-klub amatir di seluruh Indonesia dengan wewenang penuh penyelenggaraan diberikan kepada asosiasi provinsi (asprov) PSSI masing-masing daerah.

"Kemungkinan April atau Mei 2014, liga amatir ini sudah digelar," kata Ketua Task Force Reformasi Asosiasi Provinsi PSSI Dr Hadiyandra, akhir pekan lalu.

Piala Nusantara tersebut dipastikan akan menjadi luar biasa karena nantinya setiap provinsi akan menggelarnya secara serentak di seluruh Indonesia dengan sistem 'home and away'.

Dengan digelarnya liga amatir tersebut, juga akan membangkitkan kembali kejayaan sepak bola pada era perserikatan yang banyak memunculkan bibit-bibit pesepak bola dari seluruh pelosok Indonesia.

Pihaknya berkeyakinan, dengan digulirnya liga amatir tersebut, pemerintah daerah akan lebih merasa terpanggil dan lebih memperhatikan klub-klub yang ada di daerahnya masing-masing.

"Minimal dengan adanya liga amatir ini, PSSI berkeyakinan pemerintah daerah akan lebih memperhatian stadion-stadion yang dimilikinya," katanya.

Ia mengatakan, liga amatir tersebut akan digelar di setiap provinsi dan setiap tim yang tampil sebagai juara akan melangkah ke senayan untuk kembali berlaga melawan juara-juara dari provinsi lainnya.

Setiap daerah kemungkinan bisa diwakili satu atau dua klub, tergantung banyaknya tim yang ikut berlaga di masing-masing daerah.

"Misalnya kalau di Sumut minimal ada 20 tim yang berlaga, maka nantinya ada satu tim yang lolos ke senayan. Tapi kalau kurang dari 20 tim, maka kemungkinan juaranya akan menjalani play-off dulu dengan juara dari daerah lain, kalau menang baru melangkah ke senayan," katanya.

Sementara, salah seorang pengurus Asprov PSSI Kalsel, Baktiansyah mengatakan, untuk Kalsel sendiri, Piala Nusantara bakal diikuti 20 klub.

Klub tersebut dari Divisi I, Divisi II dan Divisi III. Itu berarti, wakil Kalsel tak perlu menjalani play-off dengan juara daerah lain.

Rencananya, pada Piala Nusantara nanti, bakal dibagi menjadi dua wilayah. Artinya, tiap wilayah diisi 10 tim. "Ini untuk meringankan biaya," ujarnya.

Namun, sampai saat ini, pihaknya belum dapat kepastian kapan Piala Nusantara digelar. "Kemungkinan keputusannya saat kongres (PSSI), 26 Januari (2014) nanti," kata Bakti.

Penulis: Frans
Editor: Ahmad Rizky Abdul Gani
Sumber: Metro Banjar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved