• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 21 Agustus 2014
Banjarmasin Post

Erupsi Gunung Kelud Rusakkan 300 Rumah

Sabtu, 15 Februari 2014 16:05 WITA
Erupsi Gunung Kelud Rusakkan 300 Rumah
KOMPAS.com/YATIMUL AINUN
Suasana jalan menuju arah Desa Selorejo, Ngantang, Kabupaten Malang, Sabtu (15/2/2014), pascaerupsi Gunung Kelud pada Kamis malam sebelumnya. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MALANG - Sebanyak 300 rumah milik warga di Desa Pandansari, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang, rusak parah akibat erupsi Gunung Kelud. Desa tersebut paling dekat dengan kawah Kelud. Kondisi Desa Pandansari sudah seperti desa "mati".

Seluruh warga Desa Pandansari sudah dievakuasi. Desa itu hanya "dihuni" hewan ternak milik warga setempat, seperti sapi perah dan kambing. Sebagian hewan itu diungsikan oleh warga.

"Di Desa Pandansari, Dusun Kutut yang kondisinya paling parah. Data kami ada 300 KK, seluruh rumahnya sudah rusak parah," kata Bagyo Setyono, Kepala Bidang Tanggap Darurat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Sabtu (15/2/2014).

Bagyo mengatakan, hanya 6 rumah warga yang tidak ambruk di dusun itu. Surahman, warga Desa Kutut, berharap rumahnya diperbaiki jika hujan debu vulkanik sudah tak ada lagi. "Karena itu rumah kami satu-satunya. Tak punya apa-apa lagi, kecuali rumah itu," katanya ditemui di pengungsian.

Hal yang sama juga diharapkan oleh Muntiya. Selain rumahya rusak, tiga ekor sapi piaraannya juga masih ditinggalkan di tempat tinggalnya. "Sudah dua hari tak dikasih makan, kasihan. Semoga masih hidup," katanya.

Editor: Halmien
Sumber: Kompas.com
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
387752 articles 13 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas