Sebentar Lagi Android Berprosesor 64 Bit Diluncurkan

Perlahan tapi pasti, kehadiran prosesor-prosesor mobile 64-bit mulai terasa.

Sebentar Lagi Android Berprosesor 64 Bit Diluncurkan
kompas.com

BANJARMASINPOST.CO.ID  – Perlahan tapi pasti, kehadiran prosesor-prosesor mobile 64-bit mulai terasa. Sebuah kabar terbaru yang dilansir oleh PhoneArena menyebutkan bahwa salah satu produsen chip mobile, MediaTek, berencana dua jenis prosesor 64-bit pada kuartal mendatang, atau menjelang pertengahan tahun ini.

Dua chip 64-bit tersebut terdiri dari model MT6732 dengan empat inti (quad-core) serta sebuah lagi bernama MT6752 yang dilengkapi delapan buah inti (octa-core).

Masih belum jelas produsen gadget mana yang akan memakai prosesor-prosesor 64-bit bikinan MediaTek di produknya.

Yang jelas, pabrikan chip ini dikabarkan menyasar segmen perangkat menengah dan low-end dengan duet prosesor 64-bit itu, seperti yang selama ini biasa dilakukan.

Di samping MediaTek, beberapa produsen chip lain telah mengumumkan kehadiran atau rencana membuat prosesor mobile 64-bit masing-masing.

Para produsen ini termasuk Samsung, Nvidia, Intel, dan Qualcomm yang sempat mengomentari teknolog 64-bit sebagai sekedar gimmick, sebelum akhirnya berputar haluan.

Trend arsitektur 64-bit di prosesor mobile dipicu oleh Apple yang memperkenalkan prosesor mobile 64-bit pertama (A7) pada iPhone 5S, September tahun lalu. Semenjak itu, produsen-produsen chip lain berlomba menelurkan produk serupa.

Editor: Edinayanti
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved