Okupansi Hotel Turun di Musim Libur

Banyaknya libur di luar perkiraan orang pada umumnya yang kebanyakan berpikir tingkat hunian hotel bakal meningkat

Okupansi Hotel Turun di Musim Libur
banjarmasinpost.co.id/m risman noor
Salah satu kamar di Hotel Banjarmasin 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Melakukan diskon khusus harus dilakukan untuk mengangkat tingkat hunian hotel. Begitulah yang rata-rata dilakukan manajemen hotel berbintang khususnya untuk bisa meraih omset sesuai harapan pada Mei ini. Apa pasal? Hal ini tak lepas banyaknya hari libur nasional didapati jelang pertengahan 2014.

Banyaknya libur di luar perkiraan orang pada umumnya yang kebanyakan berpikir tingkat hunian hotel bakal meningkat. Justru sebaliknya yang terjadi, hunian menjadi turun. Pemesanan kamar tidak sesuai harapan.

"Penurunan bisa mencapai 15 sampai 20 persen. Harus ada langkah memang untuk bisa menaikan tingkat hunian. Promo harus dilakukan," jelas Dessy Nathalia, Sales Manager Hotel Nasa Banjarmasin.

Penurunan terjadi tak lepas untuk urusan pertemuan rata-rata orang lebih menunda terlebih dahulu, baik untuk kedinasan instansi pemerintah maupun perusahaan.

"Karena libur otomatis kedinasan juga libur. Ini yang membuat okupansi hotel juga turun. Biasanya seminar dilakukan seiring dengan peserta diinapkan," beber Dessy.

Bila pun seminar saja otomatis juga sepi dikarenakan banyak yang terjepit harinya atau tanggung untuk menggelar acara. Namun beruntung memasuki awal bulan okupansi cukup tinggi termasuk beberapa kali pertemuan dilakukan di Nasa.

Nasa yang merupakan hotel bisnis tak bisa menampik hari libur memberi pengaruh. Kegiatan bisnis otomatis berkurang karena hari libur. Selain itu, adanya libur malah membuat orang di Kalsel banyak memilih bepergian ke luar kota.

Bila pun sulit mengangkat okupansi kamar, trik lain dilakukan menjual paket lain untuk berbagai acara. Beberapa pilihan paket yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan para konsumen.

Penulis: M.Risman Noor
Editor: Halmien
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved