Bukan Hanya Garam yang Bisa Menyebabkan Darah Tinggi

Kita semua tahu, konsumsi garam yang berlebih mampu meningkatkan tekanan darah tinggi. Namun, sebuah penelitian dari

Bukan Hanya Garam yang Bisa Menyebabkan Darah Tinggi
intisari online
ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Kita semua tahu, konsumsi garam yang berlebih mampu meningkatkan tekanan darah tinggi. Namun, sebuah penelitian dari Centres for Disease Control and Prevention (CDC) menemukan, bukan hanya garam yang bisa menyebabkan darah tinggi.

Lebih lanjut, para peneliti menyebutkan, konsumsi garam (natrium) sendiri tidak serta merta langsung meningkatkan tekann darah, meski konsumsi garam yang tinggi juga akan membuat kita berisiko terkena obesitas yang berujung pada penyakit seperti jantung, stroke, maupun hipertensi.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi memang merupakan penyakit umum yang bisa sangat berbahaya. Pasalnya, penyakit jenis ini jarang memiliki gejala yang jelas. "Tekanan darah tinggi terjadi pada mereka yang memiliki indeks massa tubuh yang tinggi pula. Di sini, bukan hanya garam yang bisa menyebabkan darah tinggi, melainkan juga faktor konsumsi alkohol, usia, dan konsumsi makanan lain," tulis penelitian ini.

Karenanya, meski bukan hanya garam yang bisa menyebabkan darah tinggi, kita disarankan untuk tetap membatasi konsumsi garam, yakni sebanyak 6 gram per hari. Selain itu, jangan lupa juga untuk rutin mengonsumsi buah dan sayuran sebagai langkah pencegahan hipertensi.  

Tags
hipertensi
Editor: Edinayanti
Sumber: Intisari Online
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved