Salmon yang Diternakkan Mengandung Lebih Banyak Lemak

Salmon adalah salah satu ikan yang sangat terkenal akan manfaatnya bagi kesehatan. Akan tetapi sekarang setelah makin banyak ikan yang diternakkan

Salmon yang Diternakkan Mengandung Lebih Banyak Lemak
net
ikan salmon 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Salmon adalah salah satu ikan yang sangat terkenal akan manfaatnya bagi kesehatan. Akan tetapi sekarang setelah makin banyak ikan yang diternakkan, Anda masih yakin ikan salmon lebih sehat dari pizza keju?

Meski sering dianggap sebagai makanan yang sehat, seporsi daging ikan salmon ternak ternyata mengandung lemak lebih banyak dari sepotong pizza margherita ber-topping keju dan tomat. Meski begitu, masih ada orang yang berpendapat ikan salmon lebih sehat dari pizza.

Salmon memang mengandung asam lemak omega 3 dan lemak tak jenuh tunggal yang baik bagi tubuh. Tidak seperti pizza yang lemaknya jenuh. Akan tetapi para ahli tetap tidak terima jika ikan salmon ternak dikatakan sebagai makanan yang sehat.

Ikan salmon ternak tetap tergolong makanan dengan kandungan lemak tinggi karena mereka dibesarkan dalam lingkungan yang tidak sehat. Kandang mereka kecil sehingga ikan-ikan ini tak bisa berenang dengan bebas. Akibatnya salmon menjadi lebih gemuk penuh lemak.

Kondisi ini tidak terjadi pada salmon liar. Mereka berenang sejauh ratusan kilometer selama bermigrasi sehingga tubuhnya mengandung lebih sedikit lemak. Berdasarkan hasil studi, daging salmon ternak ternyata memiliki lemak tiga kali lipat lebih banyak dari salmon liar.

Pada 100 gram daging salmon ternak Skotlandia terkandung 9,9 gram lemak. Sedangkan lemak salmon liar Alaska hanya 3,3 gram saja. Bagaimana dengan pizza margherita? Ternyata lemaknya hanya 7,4 gram per potong.

Jadi, Anda sebaiknya jangan terlalu yakin ikan salmon lebih sehat dari pizza keju. Lain kali coba perhatikan keterangan asal-muasal ikan favorit Anda. Pastikan ia datang dari laut lepas Alaska, bukan peternakan Skotlandia 

Editor: Edinayanti
Sumber: Intisari Online
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help