Ternyata di Kalsel Ada Populasi Orangutan

Di Kalsel, terdapat populasi orangutan. Kepastian itu diperoleh oleh tim ekspedisi gabungan luar dan dalam negeri pada awal bulan ini

Ternyata di Kalsel Ada Populasi Orangutan
redapes.org
BOS Nyaru Menteng kembali menyelamatkan anak orangutan 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Selama ini terjadi perdebatan tentang ada-tidaknya populasi orangutan di Kalsel. ‘Arus’ besar pendapat mengatakan di bumi Banua tidak terdapat hewan yang masuk spesies kera besar tersebut. Di Wikipedia pun disebutkan di Kalsel tidak ada orangutan.

Semua itu keliru. Di Kalsel, terdapat populasi orangutan. Kepastian itu diperoleh oleh tim ekspedisi gabungan luar dan dalam negeri pada awal bulan ini.

Mereka melihat secara langsung beberapa orangutan bergelantungan di pohon, pada sore hari. Diduga mereka hendak mencari makan. Diduga jumlahnya sekitar 50 orangutan yang terbagi dalam beberapa kelompok.

Populasi mereka makin terdesak oleh pembukaan lahan untuk kepentingan perkebunan kelapa sawit. Bahkan, saat ini kian terancam oleh maraknya kebakaran lahan

Di mana populasi orangutan Kalsel itu hidup? Bagaimana kondisi mereka saat ini? Selengkapnya baca edisi cetak BPost, Sabtu (11/10) besok atau buka e-paper mulai pukul 18.00 Wita.

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Halmien
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved