10 Fakta Mengejutkan Tentang Kesepian

Ini Dampak Dramatis karena Kesepian

Sebanyak 40 persen manusia di bumi diperkirakan mengalami kesepian. Meski kesepian dinilai sebagai hal yang biasa, beberapa orang mengalami dampak yan

Ini Dampak Dramatis karena Kesepian
internet
ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Sebanyak 40 persen manusia di bumi diperkirakan mengalami kesepian. Meski kesepian dinilai sebagai hal yang biasa, beberapa orang mengalami dampak yang dramatis dalam hidupnya karena kesepian. Dilansir dari psychology today, seperti dilansir CNN, Sabtu (6/12/2014), berikut ini sepuluh fakta soal kesepian yang kerap hinggap dalam hidup seseorang:

1. Munculnya rasa kesepian tidak bergantung pada seberapa banyak kawan atau hubungan sosial yang dimiliki

Munculnya rasa kesepian sepenuhnya bergantung pada kualitas hubungan sosial seseorang. Percuma punya teman segudang bila Anda tidak merasakan ikatan dan kedekatan dengan mereka.

2. Lebih dari 60 persen orang yang kesepian sudah menikah

Pernikahan tidak menjamin seseorang bebas rasa kesepian dalam hidupnya. Ketika pasangan dalam suatu hubungan pernikahan tidak lagi berbagi rasa mendalam, pikiran, dan pengalaman bersama-sama, maka akan timbul suatu rasa sepi. Orang-orang dalam kondisi tersebut merasa pasangan mereka tidak bisa memberikan ikatan mendalam seperti yang mereka inginkan.

3. Rasa sepi mengubah persepsi seseorang terhadap suatu hubungan

Penelitian menemukan bahwa orang yang kesepian cenderung memandang hubungan sosial yang mereka miliki kurang berharga bagi hidupnya. Hal itu juga disebabkan sahabat mereka yang sering kali tidak peka dan tidak berusaha mengusir rasa kesepian itu.

4. Kesepian menular

Kita cenderung bisa mendeteksi kesepian yang dialami orang di sekitar kita. Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang kesepian akan menularkan hal itu ke orang-orang di sekitarnya. Akibatnya, muncul lebih banyak lagi orang-orang yang kesepian.

5. Kesepian membuat tubuh lebih dingin

Halaman
12
Tags
kesepian
Editor: Yamani Ramlan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help