Dinas Peternakan Kapuas Sudah Vaksinasi 2.558 Ekor Anjing, Kera dan Kucing

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Kapuas sudah memvaksin ribuan ekor anjing, termasuk kucing dan kera

Dinas Peternakan Kapuas Sudah Vaksinasi 2.558 Ekor Anjing, Kera dan Kucing
banjarmasinpost.co.id/jumadi
Kabid Kesehatan Hewan Kapuas drh Rudjito memperlihatkan vaksin untuk anjing gila, kera maupun kucing. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS - Masyarakat perlu waspada terhadap penyakit rabies atau anjing gila. Rabies adalah penyakit menular akut yang menyerang susunan syaraf pusat dan ini disebabkan oleh virus. Penyakit ini dapat menyerang pada manusia.

Mengantisipasi hal tersebut, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Kapuas sudah memvaksin ribuan ekor anjing, termasuk kucing dan kera dengan jumlah totalnya 2.588 ekor.

Kabid Kesehatan Hewan Kabupaten Kapuas drh Rudjito, Selasa (13/1/2015) mengatakan dengan sudah dilakukan vaksin 2.588 ekor anjing dan sebagian kecil kucing dan kera.

Di tahun 2015 ini, pihaknya menargetkan 1.500 ekor anjing yang bakal divaksin yang mana tersebar di semua kecamatan Kabupaten Kapuas.

Terpisah, Kabid Pengendalian Masalah Kesehatan, Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Raison mengatakan khusus orang atau manusia yang digigit anjing gila, pihaknya menyediakan vaksin Var, yakni vaksin anti rabies.

Vaksin tersebut mendapat bantuan dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng, yang mana vaksin ini didrof di hampir semua kecamatan di Kabupaten Kapuas.

Sedikitnya sekitar 200 botol vaksin yang disebarkan di semua kecamatan.

Data diperoleh di dinas kesehatan setempat, jumlah kasus gigitan anjing, tahun 2014 terjadi 92 kasus, 2013 terjadi 129 kasus, 2012 terjadi 69 kasus, 2011 terjadi 65 kasus, 2010 terjadi 39 kasus dan tahun 2009 terjadi 35 kasus.

Penulis: Jumadi
Editor: Halmien
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help