Kehadiran Bermasalah, Anggota DPRD Balangan Hanya Disanksi Moral

Lebih lanjut dikatakannya, DPRD Balangan berpangku dan sesuai dengan tatib dan aturan dalam mengatur mekanisme prilaku anggota dewan termasuk saat men

Kehadiran Bermasalah, Anggota DPRD Balangan Hanya Disanksi Moral
banjarmasinpost.co.id/rahmawandi
Pelantikan anggota DPRD Balangan periode 2014-2019, Rabu (13/8/2014) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Upaya sanksi yang diberikan kepada anggota DPRD Balangan bila tingkat kehadiran bermasalah, tidak se ektrim yang dilakukan oleh DPRD Tanah Bumbu, selama ini DPRD Balangan lebih banyak mengacu kepada aturan yang berlaku.

Hal ini dikatakan oleh Ketua Badan Kehormatan DPRD Balangan, Eduarny Tarmiji kepada BPost, Kemarin.

"Tidak serapi dan seketat itu, dipenjarakan, menurut saya agak berlebih," ucapnya saat dikonfirmasi.

Lebih lanjut dikatakannya, DPRD Balangan berpangku dan sesuai dengan tatib dan aturan dalam mengatur mekanisme prilaku anggota dewan termasuk saat mengikuti rapat.

"Kinerja anggota dinilai dari hasil pengawasan di internal DPRD, dan atas laporan masyarakat," katanya.

DPRD Balangan dikatakan politisi dari fraksi PPP ini, lebih menjunjung asas yang jika ada kesalahan dari salah satu anggota dewan maka tidak akan berdampak dengan anggota yang lain, kemudian memperlakukan orang lain seperti memperlakukan diri sendiri.

"Intinya saling mengingatkan jika hal itu terjadi, untuk sanksi ya sesuai dengan kode etik, biasanya sanksi moral lah," ujarnya.

Ketua DPRD Balangan, Abdul Hadi menambahkan 25 total kepengurusan DPRD Balangan wajib mengikuti rapat yakni rapat internal, paripurna dan komisi.

"Biasanya tiga kali peringatan, diumumkan, baru di serahkan ke BK," ungkapnya.

Menurutnya penerapan sanksi seperti yang ada di DPRD Tanbu tidak sampai dilakukan di DPRD Balangan, karena masing-masing daerah berbeda, yang jelas DPRD Balangan sesuai dengan payung hukum yang ada.

Penulis: Elhami
Editor: Yamani Ramlan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved