Siswa SMAN 6 Banjarmasin Juara Karya Ilmiah Se-Indonesia

Ribka mengatakan, tertarik ikut lomba ini karena coba-coba. Setelah mendapat informasi melalui internet ada ajang lomba tulis di ITB Bandung

Siswa SMAN 6 Banjarmasin Juara Karya Ilmiah Se-Indonesia
banjarmasinpostgroup/khairil rahim
Eni dan Ribka bersama pembina mereka, Drs Kaberi MPd dan Nina Sri Wahyuni SPd. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Siswa asal Kalimantan Selatan, kembali mampu meraih prestasi tingkat nasional. Kali ini dilakukan dua siswa SMAN 6 Banjarmasin, Eni Lufina dan Ribka Yuliana, yang berhasil menjadi juara Indonesia lomba Karya Ilmiah tingkat nasional.

Mereka adalah siswa kelas II Kimia 3 SMAN 6 Banjarmasin yang berhasil menyingkirkan 100 lebih peserta lain dari sekolah favorit se-Indonesia di ajang Paper Competition Eco Projeck HMTL ITB 2015, Jumat-Sabtu (23-24/1/2015) ITB Bandung, Jawa Barat.

Di ajang tahunan itu, Eni dan Ribka menampilkan karya ilmiah berjudul Penetralisir Air Asam Menjadi Air Layak Konsumsi.

Ribka mengatakan, tertarik ikut lomba ini karena coba-coba. Setelah mendapat informasi melalui internet ada ajang lomba tulis di ITB Bandung, mereka lalu melapor ke pembina KIR SMAN 6 Banjaramsin, Drs Kaberi MPd dan Nina Sri Wahyuni SPd.

"Ternyata pembina mendukung dan meminta kami untuk membuat karya tulisnya lalu dikirim ke panitia," ujar dia, Kamis (29/1/2015).

Setelah diumumkan, ternyata karya tulis Eni dan Ribka dinyatakan masuk lima besar bersama sekolah favorit seperti SMK Mitra 2 Bekasi, Sekolah Menengah Analis Kimia Bogor (Smakbog), SMAN 38 Jakarta dan SMK Mitra Kasih.

"Kami diminta untuk ke ITB Bandung karena menjadi salah satu finalis. Di Bandung diajang lima besar kami diminta untuk memaparkan karya ilmiah yang dibawakan secara tertutup," ujar Ribka.

Awalnya ujar Ribka mereka sempat minder, karena alat yang mereka bawa sangat sederhana dibandingkan dengan finalis lain yang lebih canggih dan berharga lebih satu jutaan.

"Tapi kami tetap optimistis karena sudah bisa lolos ke lima besar saja merupakan kebanggan," katanya.

Di ajang yang dihadiri Dirjen Pendidikan, Asisten Menteri Teknologi serta pejabat dan peneliti ITB, karya Eni dan Ribka dinyatakan sebagai yang terbaik dan lolos ke babak tiga besar.

"Di tiga besar selain kami ada SMK Mitra dan Smakbug. Kembali diminta presentasi secara terbuka dari perwakilan universitas seluruh Indonesia, juri dan audien," terang dia.

Penulis: Khairil Rahim
Editor: Yamani Ramlan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved