Zain Alkim Dihukum Percobaan

Hukuman badan itu baru diterapkan apabila terdakwa melakukan pelanggaran dalam selama tiga bulan.

Zain Alkim Dihukum Percobaan
banjarmasinpost.co.id/mustain khaitami
iLUSTRASI : Petugas Kantor Imigrasi Palangkaraya, mengamankan sebelas pekerja asing di Kabupaten Barito Timur. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA – Setelah melalui persidangan yang melelahkan, sidang penyalahgunaan wewenang terhadap mantan Bupati Barito Timur Zain Alkim, Senin (2/2/2015) petang, diputuskan. Kesimpulannya, politisi Partai Gerindra ini dinyatakan bersalah.

Informasi yang didapat dari Tamiyanglayang, sidang yang dipimpin hakim ketua Majelis Hj Rosmawati dengan Ranto Indra Karta dan Mohammmad Umar Yaji sebagai anggota, juga menjatuhkan vonis hukuman dua bulan tapi tidak ditahan. Hukuman badan itu baru diterapkan apabila terdakwa melakukan pelanggaran dalam selama tiga bulan.

Majelis pada kesempatan itu juga menjatuhkan denda Rp 50 juta bagi Zain dan memerintahkannya membayar biaya perkara Rp 2.500. “Putusan ini sama seperti tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang dibacakan pada persidangan sebelumnya,” ujar sumber BPost di Tamiyanglayang.

Seperti pernah diberitakan, Penerbitan izin usaha pertambangan (IUP) yang ditengarai dilakukan tanpa prosedural, telah menyeret nama Zain Alkim tersangka. Berkas perkara penyelidikan sebelumnya merupakan pelimpahan dari Direktorat Reserse Umum (Ditresum) Polda Kalteng kepada Kejaksaan Tinggi setempat.

Zain Alkim saat menjabat sebagai bupati telah melakukan penyalahgunaan wewenang dengan menerbitkan SK Bupati Barito Timur nomor 417/2012 pada 30 November 2012 tentang peningkatan izin usaha pertambangan eksplorasi menjadi izin usaha Pertambangan Operasi Produksi atas nama Koperasi Tunas Dayak gemilang (KTDG). Atas penyalahgunaan tersebut, Zain dikatakan telah melanggar pasal 165 UU Nomor 4 Tahun 2009 tentang pertambangan mineral dan Batubara, junto pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP.

Penulis: Mustain Khaitami
Editor: Halmien
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved