Sanitasi Jelek Ganggu Kesehatan

akibat tidak layaknya sanitasi akan menurunkan kualitas hidup akibat gangguan kesehatan,

Sanitasi Jelek Ganggu Kesehatan
banjarmasinpost.co.id/salmah
Salah satu upaya yang sudah dilaksanakan Pemko Banjarmasin untuk mencapai 100-0-100 yakni menyediakan Rusunawa. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pembuangan limbah atau sanitasi yang tidak memadai menjadi salah satu penyebab penyakit bagi lingkungan rumah tangga maupun di masyarakat, bahkan juga merugikan ekonomi.

Kepala Bappeda Kota Banjarmasin Fajar Desira, menyatakan, akibat tidak layaknya sanitasi akan menurunkan kualitas hidup akibat gangguan kesehatan,

Penyakit yang bisa timbul akibat sanitasi buruk, yakni demam berdarah, malaria, penyakit pes, antrack, flu burung, rabies dan hepatitis, cacingan diare dan lain-lain. Sehingga menyebabkan kerugian ekonomi.

"Tahun 2006, Indonesia mengalami kerugian Rp 56 triliun untuk kesehatan akibat dari sanitasi yang buruk," ungkap Fajar, seraya mengatakan, hal ini juga menurunkan citra wilayah.

Untuk itu jelas Fajar, Pemko Banjarmasin berusaha untuk mencapai, pelayanan air minum 100 persen, penanganan kumuh 0 persn dan layak sanitasi -100 persen (100-0-100).

Untuk itu upaya yang terus dilakukan penambahan lokasi IPAL, pemenuhan drainase lingkungan, peningkatan penangan persampahan, penambahan rusunawa, replikasi PLPBK kota besar, perluasan RTH kota mencapai 30 persen, penataan bantaran sungai, sAIIG-Indll, NU S SP-2 dan Implementasi program P3KP dan P2KH.

"Untuk pelayanan air minum sudah mencapai 99 persen hingga kepelosok," tandasnya.

Penulis: Salmah
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help