ADVERTORIAL

Mengapa Baterai Smartphone Bisa Meledak?

CELAKANYA, sekali meledak, sebuah baterai smartphone yang kecil pun bisa sangat berbahaya bagi pengguna. Lalu, apa saja penyebab ledakan tersebut?

Mengapa Baterai Smartphone Bisa Meledak?
istimewa
ilustrasi 

LEDAKAN baterai smartphone dan laptop memang bukan hal yang asing bagi kita. Tetapi hal ini juga termasuk insiden yang cukup jarang terjadi.

Celakanya, sekali meledak, sebuah baterai smartphone yang kecil pun bisa sangat berbahaya bagi pengguna. Lalu, apa saja penyebab ledakan tersebut?

Baterai yang jamak digunakan di smartphone dan laptop adalah baterai lithium-ion. Baterai jenis ini dapat menyimpan lebih banyak daya, karena tersusun atas elemen logam yang paling renggang.

Ukurannya pun menjadi lebih minimalis dibanding baterai jenis lain. Sayangnya, logam lithium yang dipakai dalam baterai tersebut dikenal sebagai salah satu unsur yang sangat reaktif, alias mudah terbakar atau bahkan meledak.

Sebuah institut teknologi di Jepang, baru saja merilis sebuah video yang menampilkan bagaimana sebuah baterai lithium-ion dapat meledak.

Pada dasarnya, ledakan yang jarang terjadi tersebut acap kali diakibatkan oleh arus pendek yang terjadi di dalam baterai.

Arus pendek tersebut muncul saat baterai mengalami kerusakan akibat benturan yang cukup keras.

Benturan tersebut dapat menyebabkan lapisan pemisah antara lithium dan zat pelarut organik di dalam baterai rusak, sehingga menyebabkan bercampurnya dua elemen tersebut.

Hal ini lah yang kemudian dapat menyebabkan terjadinya arus pendek. Celakanya, pengisian ulang daya dapat meningkatkan resiko meledaknya baterai, akibat produksi panas yang terlampau tinggi aliasoverheat.

Dalam video tersebut, sebuah baterai lithium-ion yang biasa dipakai di smartphone dipukul dengan palu untuk merusak lapisan pemisah elemen di dalamnya.

Halaman
12
Editor: Yamani Ramlan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved