Menggunakan Kunci Ganda Bikin Pencuri Bekerja Dua Kali

Menurut Kapolres warga kerap lalai untuk meningkatkan kehati-hatian memarkirkan kendaraan dengan menggunakan kunci ganda

Menggunakan Kunci Ganda Bikin Pencuri Bekerja Dua Kali
banjarmasinpost.co.id/antarafoto
Antisipasi Begal Motor Polisi memeriksa kelengkapan surat pengendara saat razia rutin di Jalan Raya Tegar Beriman, Cibinong, Bogor, Jabar, Kamis (26/02). Razia tersebut untuk mempersempit ruang gerak para pelaku begal motor serta berupaya mengamankan kendaraan bermotor yang diduga sebagai hasil pencurian maupun pembegalan.

BANJARMASINPOST.CO.ID - Kepala Polisi Resor Bogor Kota AKBP Irsan mengingatkan masyarakat kota tersebut untuk meningkatkan kehati-hatian dengan membiasakan menggunakan kunci ganda agar terhindar dari aksi pencurian kendaraan bermotor yang kian marak terjadi.

"Biasakan untuk menggunakan kunci ganda saat memarkir kendaraan, karena pelaku pencurian harus bekerja dua kali untuk mencuri kendaraan yang terkunci ganda," kata Kapolres di Bogor, Jabar, Rabu.

Menurut Kapolres warga kerap lalai untuk meningkatkan kehati-hatian memarkirkan kendaraan dengan menggunakan kunci ganda yang biasanya menjadi incaran para pencuri kendaraan bermotor karena memudahkan pelaku untuk mengambil motor korban.

Penggunaan kunci ganda dinilai cukup efektif karena akan memberikan waktu bagi pencuri untuk membuka kunci ganda saat melakukan aksinya sehingga beresiko untuk mencuri kendaraan yang terkunci ganda.

"Karena untuk mencuri kendaraan dengan kunci latter T hanya butuh beberapa detik saja. Tetapi kalau kendaraan menggunakan kunci ganda, mereka butuh waktu lebih lama untuk membuka kunci," katanya.

Selain membiasakan menggunakan kunci ganda, lanjut Kapolres, masyarakat juga diminta untuk membiasakan diri memarkir kendaraan di lokasi-lokasi parkir resmi yang ada petugas parkirnya. Sehingga ada penjagaan dan pengawasan.

Dalam upaya mengantisipasi tindak kejahatan pencurian kendaraan bermotor dengan kekerasan atau begal, Kapolres juga mengimbau seluruh pengelolan swalayan atau mini market untuk meningkatkan pengamanan dengan menambah jumlah personel keamanan.

"Swalayan kita minta menggandakan keamanan, ada petugas tambahan, dan melaporkan kepada aparat agar petugas dapat kita berikan pembinaan dan arahan dalam menindak kejadian-kejadian yang mengganggu ketertiban dan keamanan," kata Kapolres.

Kapolres menyebutkan secara umum kondisi Kota Bogor kondusif, petugas akan menindak tegas pelaku kejahatan dengan melakukan tindakan-tindakan terukur dengan tembak di tempat apabila pelaku mencoba membahayakan keselamatan petugas dan juga amsyarakat.

"Kota Bogor cukup kondusif, hanya saja kita cukup prihatin dengan kenekatan aksi begal saat ini. Ini marak terjadi di daerah-daerah. Dan Kota Bogor siap memerangi pelaku kejahatan tersebut dengan kerja sama semua pihak dan aparat di wilayah," kata Kapolres.

Aksi kawasan pencurian kendaraan bermotor atau begal terjadi Selasa malam (31/3) seorang warga Gunung Batu, Kecamatan Bogor Barat tewas setelah ditembak oleh pelaku kejahatan jalanan tersebut.

Editor: Didik Trio
Sumber: Antara News
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved