Penyakit 'Olga' Bisa Menular!

Adalah radang selaput otak yang ditandai dengan panas disertai gangguan neurologis seperti kejang dan kehilangan kesadaran.

Penyakit 'Olga' Bisa Menular!
TRIBUNNEWS.COM/JEPRIMA
Pemain film Nikita Mirzani seusai keluar dari Rutan Pondok Bambu langsung menuju pemakaman sahabatnya Olga Syahputra di Pemakaman Umum Malaka, Jakarta Timur, Senin (30/3/2015). Nikita merasa sedih dan kehilangan sosok sahabat yang baik dan dirinya menyesal karena tidak bisa menghadiri pas pemakannya. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Penyakit Meningitis mulai ramai dibicarakan, karena merenggut nyawa, komedian kawakan Olga Syahputra dan menjadi penyebab wafatnya Gisca Putri Agustina Sahetapy, anak dari artis Dewi Yull dan Ray Sahetapy. Apakah Penyakit Meningitis itu? Menularkah?

Adalah radang selaput otak yang ditandai dengan panas disertai gangguan neurologis seperti kejang dan kehilangan kesadaran. Jika seseoang mengalami demam dan terasa kaku ditengkuk patut diwaspadai orang tersebut mengalami radang selaput otak. Radang selaput otak yang bisa ditularkan melalui udara ini cukup jarang kita dengar tidak seperti penyakit lain.

Penyakit yang juga sedang diderita Ashanti ini dalam beberapa kasus berakibat fatal dan tidak dapat disembuhkan. Untuk itu anda harus mengenal radang selaput otak (meningitis) ini agar bisa dihindari dan dicegah sedini mungkin.

Radang selaput otak disebabkan 2 hal yaitu infeksi dan non-infeksi. Untuk yang infeksi, biasanya di akibatkan oleh bakteri, kuman, virus atau jamur. Dan radang non infeksi bisa disebabkan oleh kanker, gangguan auto imun, atau penggunaan obat tertentu, namun di Indonesia paling sering penyebabnya adalah dari virus dan bakteri. Radang selaput otak (meningitis) disebarkan melalui udara seperti saat anda batuk, bersin, ciuman, makan satu sendok dengan penderita, sikat gigi, dan beberapa kontak lain melalui udara.

Penyakit ini menyerang semua umur dan bisa berakibat fatal karena yang diserang adalah bagian otak. Gejala dari radang selaput otak adalah nyeri di kepala, sakit kepala hebat yang tak kunjung sembuh hingga menyebabkan muntah-muntah, tegang di leher dan disertai demam tinggi atau rendah, bisa sekitar 37 atau 37,5 derajat celcius. Anda harus memperhatikan gejala yang paling jelas terlihat pada anak-anak yaitu rewel, lemas, tidak aktif seperti anak-anak pada umumnya, demam dan parahnya jika sampai kejang-kejang.

Pencegahan radang selaput otak (meningitis) adalah:

Hidup Bersih
Biasakan mencuci tangan setelah melakukan aktifitas dan juga setelah memegang barang yang paling banyak bakterinya seperti handphone, uang dan benda-benda yang ada ditempat umum, jika perlu sediakan hand sanitizer.

Menjaga Daya Tahan Tubuh
Sebaiknya anda selalu dalam kondisi prima, makan makanan yang bernutrisi, lakukan olahraga dan punya waktu istirahat yang cukup.

Vaksinasi
Vaksinasi merupakan pelindung primer dari penyakit, apalagi meningitis merupakan penyakit menular melalui udara. Vaksin akan bekerja setelah dua minggu dan bertahan selama tiga tahun. Untuk itu rutinkah melakukan vaksin agar terhindar dari radang selaput otak.

Hidari Kontak Langsung
Anda harus menghindari kontak langsung dengan penderita, penyakit ini cukup mudah menular dengan saling tukar sikat gigi, sendok.

Yang harus anda lakukan jika terdapat gejala radang selaput otak.
1. Jika terjadi demam pada anak-anak, anda harus lebih perhatian kepada gejala demam yang dideriat andak anda.
2. Langsung bawa kedokter, jangan biarkan berlama-lama dan jangan ragu untuk membawa kedokter jika terdapt gejala miningitis. Radang selaput otak bisa ditangani lebih cepat jika diketahui lebih awal.
3. Anda jangan takut menanyakan informasi mengenai radang selaput otak kepada dokter atau anda bisa mencari tahu diinternet.

Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved