Edin Hajderovac, Seniman Muslim yang akan Mengukir Kursi Paus

Dialah Edin Hajderovac, 33, seniman muslim yang akan mengukir kursi Paus Fransiskus yang

Edin Hajderovac, Seniman Muslim yang akan Mengukir Kursi Paus
Artdaily.com
Edin Hajderovac, 33, seniman muslim yang akan mengukir kursi Paus Fransiskus yang akan berkunjung ke Sarajevo, Juni mendatang. Kursi tersebut rencananya akan digunakan Paus selama memimpin misa di Ibukota Bosnia itu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Dialah Edin Hajderovac, 33, seniman muslim yang akan mengukir kursi Paus Fransiskus yang akan berkunjung ke Sarajevo, Juni mendatang. Kursi tersebut rencananya akan digunakan Paus selama memimpin misa di Ibukota Bosnia itu.

“Ini adalah penghargaan yang sangat besar bagi saya. Saya terpilih dari sejumlah kandidat yang di dalamnya terdiri dari beberapa pematung terkenal,” ujar Harjderovac kepada AFP seperti dilansir Artdaily.com.

Untuk diketahui, Hajderovac merupakan seniman yang memiliki spesialisasi mengerjakan ornamen-ornamen religius. Pada sebuah kesempatan, ia mendapat kabar bahwa Paus Fransiskus akan berkunjung ke Bosnia pada 6 Juni. Begitu mendengar kabar itu, ia lantas menghubungi ayahnya yang juga seorang pematung untuk menemui seorang pastor lokal, Miro Beslic, guna menawarkan kursi kayu berukir.

Gayung bersambut. Pastur tertarik dengan tawaran itu. Dan lebih dari itu, sang pastor bahkan percaya bahwa kursi pesanan itu bisa menjadi upaya rekonsiliasi di Bosnia yang pernah terkoyak perang pada periode 1992-1995. “Kursi ini akan menjadi simbol kerukunan karena akan menunjukkan persaudaraan antara Muslim dan Katolik. Meskipun saat ini kami tak lagi terpecah, namun tetap ada sedikit ketegangan yang terkadang muncul di antara kedua komunitas," ujar Pastor Beslic.

Paus mengumumkan rencana kunjungannya ke Bosnia pada Februari lalu. Sang Paus ingin mendorong konsolidasi persaudaraan dan perdamaian di negara pecahan Yugoslavia tersebut.

Editor: Edinayanti
Sumber: Intisari Online
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved