Enam Hari Menjadi Orang Tertua di Dunia, Gertrude Weaver Meninggal

Meski hanya enam hari, paling tidak Gertrude Weaver pernah merasakan sebuah rekor dunia.

Enam Hari Menjadi Orang Tertua di Dunia, Gertrude Weaver Meninggal
The Guardian
Gertrude Weaver meninggal dunia setelah enam hari menjadi orang tertua di dunia. Ia meninggal di usia 116 tahun di sebuah panti jompo di negara bagian Arkarnas, Amerika Serikat. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Meski hanya enam hari, paling tidak Gertrude Weaver pernah merasakan sebuah rekor dunia. Seperti dilansir The Guardian, Gertrude Weaver meninggal dunia setelah enam hari menjadi orang tertua di dunia. Ia meninggal di usia 116 tahun di sebuah panti jompo di negara bagian Arkarnas, Amerika Serikat.

Menurut catatan yang dimiliki oleh Gerontology Research Group yang berbasis di Los Angeles, Weaver ditasbihkan menjadi orang tertua di dunia setelah kematian seorang perempuan Jepang di usia 117 tahun pekan lalu. Weaver lahir pada 1898, sepuluh tahun setelah meletusnya Krakatau yang dahsyat itu.

“Dia perempuan yang benar-benar manis. Dia sangat ceria. Ketika Anda bertanya soal resep umur panjang, ia akan menjawab ‘Gunakan banyak pelembab kulit, berlakulah baik pada setiap orang, mengasihani sesama, dan masak makanan yang dimasak sendiri. Jangan makanan di tempat cepat saji,’” cerita Marie Trisolini, Walikota Camden kepada The Guardian.

Weaver lahir pada 4 Juli 1898, menurut The Gerontology Research Group, yang memvalidasi usia orang-orang tertua di dunia, hanya ada tiga orang yang masih hidup di dunia dengan catatan kelahiran menunjukkan bahwa mereka lahir sebelum tahun 1900.

Perempuan yang menikah di usia 17 tahun itu adalah seorang anak petani yang lahir di Arkansas. Menurut penuturan Camden, panti jompo tempat Weaver tinggal sejatinya sudah menyiapkan pesta ulang tahun ke-117 bagi Weaver.

Dengan meninggalnya Weaver, orang tertua di dunia sekarang ini adalah Jeralean Talley, yang lahir pada 23 Mei 1899 dan akan berulang tahun ke 116 bulan depan, menurut kelompok tersebut. Talley, yang tinggal di pinggiran kota Inkster, Detroit, mengatakan, kekuatan iman membuatnya berumur panjang.

"Ini tangan Tuhan, semua ada di tangan-Nya," ujarnya dalam wawancara tahun lalu di rumah yang ia tinggali bersama putrinya, Thelma Holloway. Talley mengatakan, ia tidak pernah merokok atau minum alkohol dan operasi yang pernah ia hadapi hanyalah operasi amandel. (the guardian)

Editor: Edinayanti
Sumber: Intisari Online
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help