Sering Makan Di Luar Berisiko Hipertensi

tekanan darah tinggi atau hipertensi itu merangkap konsumsi lemak jenuh, kalori, dan garam yang tinggi.

Sering Makan Di Luar Berisiko Hipertensi
net
Ilustrasi

BANJARMASINPOST.CO.ID - Untuk Anda yang hobi sekali makan di luar, hati-hati sebab bisa jadi risiko hipertensi membuntuti anda.

Ilmuwan dari Duke-NUS Graduate Medical School Singapura menemukan ada relasi antara tekanan darah tinggi dengan kebiasaan makan di luar.

Disebutkan oleh situs Mirror Daily, tekanan darah tinggi atau hipertensi itu merangkap konsumsi lemak jenuh, kalori, dan garam yang tinggi.

Hipertensi sendiri dapat berdampak ke memburuknya kesehatan jantung hingga kematian.

Hasil penelitian tersebut didapat setelah mengambil sampel 501 mahasiswa di Singapura, berumur 18 - 40 tahun.

Setelah mengolah data tekanan darah, berat badan, gaya hidup, dan kebiasaan makan di luar mereka, ditemukanlah relasi tersebut.

Studi itu juga menemukan bahwa yang menderita pra-hipertensi dan hipertensi adalah mereka yang punya kebiasaan makan di luar tiap minggunya.

"Sebagian besar adalah pria. Mereka juga memiliki berat badan melebihi normal, dengan aktivitas fisik yang minim. Di antara mereka juga banyak yang merupakan perokok," tambah para peneliti kepada Mirror Daily.

Tim peneliti tersebut juga mengatakan bahkan jika anda makan sekali saja di luar, sudah menambah risiko pre-hipertensi sebanyak 6 persen.

Salah satu dari ilmuwan itu, Tazeen Jafar menyatakan studi ini masih harus dikembangkan, terutama pada populasi Asia Tenggara.

"Studi ini sudah pernah dilakukan di Amerika dan Jepang. Diharapkan nantinya studi ini dapat diaplikasikan secara global, terutama pada keturunan Asia," sebut Jafar pada Daily Mail Online.

Oleh situs Medical News Today dikatakan bahwa penelitian yang akan dilakukan selanjutnya adalah melihat potensi yang dapat mencegah hipertensi.

Editor: Ratino Taufik
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved