27 PT Bersaing di Kontes Robot Banjarmasin

ke 27 perguruan tinggi tersebut berasal dari Kalimantan, Sulawesi, Papua, Maluku, Nusa Tenggara dan Bali.

27 PT Bersaing di Kontes Robot Banjarmasin
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto
ilustrasi Kontes Robot

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sebanyak 27 perguruan tinggi di kawasan regional V mengikuti kontes robot nasional yang diselenggarakan di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Ketua Pelaksana Kontes Robot, Rudy Haryanto di Banjarmasin, Sabtu mengatakan, kontes robot kali ini, terdiri atas empat kategori yaitu, kategori Abucon Indonesia (KRAI), dengan tema badminton, kemudian robot pemadam api Indonesia (KRPAI), kategori beroda dan berkaki, kemudian robot seni tari (KRSI) dan sepak bola Indonesia (KRSBI).

Menurut Rudy, ke 27 perguruan tinggi tersebut berasal dari Kalimantan, Sulawesi, Papua, Maluku, Nusa Tenggara dan Bali.

"Total peserta kontes yang diselenggarakan di Gedung Sultan Suriansyah tersebut mencapai 160 orang ditambah 67 orang dosen pembimbing," katanya.

Dalam kontes tersebut, Gedung Sultan Suriansyah, diubah layaknya lapangan olah raga, terdapat lapangan sepak bola, badminton dan lapangan futsal, untuk tempat bertanding robot yang ikut kontes.

Khusus tuan rumah yang diwakili oleh Poliban Banjarmasin, kata Rudy, semua kategori diikuit, kecuali sepak bola.

"Kita belum bisa mengikuti kontes sepak bola, karena harga robot yang cukup mahal, yaitu Rp15 juta untuk satu robot," katanya.

Sedangkan robot untuk kontes kategori lainnya, seperti robot pemadam api, badminton dan penari, harganya antara Rp5 juta hingga Rp10 juta satu robot.

Sejak diadakan kontes robot tahunan secara nasional, kata dia, perkembangan kemampuan dan kreativitas teknologi mahasiswa Kalimantan Selatan meningkat cukup pesat.

Sebab, para mahasiswa memiliki wahana untuk memacu kreativitasnya, untuk bisa mengikuti kontes demi kontes yang dilaksanakan bukan hanya pada tingkat nasional tetapi juga internasional.

Halaman
12
Editor: Halmien
Sumber: Antara News
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help