Bantuan Desa Untuk Balangan Dicairkan Juni

Jika Perbup sudah selesai, dalam bulan ini juga akan diserahkan ke Kementerian Dalam Negeri

Bantuan Desa Untuk Balangan Dicairkan Juni
Banjarmasinpost.co.id/Elhami
Kepala BPMPD Balangan, Ruspandi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pembangunan Desa (BPMPD) Kabupaten Balangan memperkirakan pada bulan Juni 2015 nanti, bantuan dana dari pusat untuk desa bakal dicairkan.

Pasalnya, hasil kordinasi pihaknya dengan Kementerian Dalam Negeri beberapa waktu lalu, Kabupaten Balangan sudah mendapatkan angka bantuan yakni Rp 40 milar lebih.

Kepala BPMPD (badan pemberdayaan masyarakat dan pembangunan desa) Balangan, Ruspandi menjelaskan, di Kabupaten Balangan ada 154 desa, saat ini masih terkendala masih belum adanya Peraturan Bupati (Perbup).

"Kami sudah mendapatkan angin segar, para aparat desa bersabar saja, saat ini Perbup masih digodok dan diperkirakan akan selesai setengah bulan," jelasnya kepada BPost saat ditemui.

Jika Perbup sudah selesai, dalam bulan ini juga akan diserahkan ke Kementerian Dalam Negeri, diperkirakan dalam waktu seminggu setelah Perbup diserahkan kepastian dana akan dicairkan.

"Harapannya mudahan Perbup nantinya tidak ada revisi segala macam, mudahan Juni sudah cair," katanya.

Masih menurutnya, terkait persiapan aparat desa di Kabupaten Balangan sudah dilakukan, syarat terkait untuk mendapatkan bantuan tersebut hampir semua desa terpenuhi.

"Bantuan tidak murni diterima satu miliar, tapi hanya berkisar antara Rp 250 juta - Rp 350 juta, diperkirakan tahun 2017 baru bisa menerima 1 miliar, bahkan bisa lebih," urainya.

Para aparat desa tegasnya, selain menyiapkan perangkat juga terus menambah ilmu pengetahuan terkait pengelolaan keuangan, karena jika bantuan tersebut cair, keberadaan desa hampir mirip dengan SKPD. "Harus paham administrasi dan segala macamnya," ujarnya.

Penulis: Elhami
Editor: Ratino Taufik
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help