Tempe Sepanjang 100 Meter Dibuat Dalam Waktu 2 Hari 2 Malam

Bungkusan itu, tidak lain adalah tempe yang sengaja dibuat oleh warga dalam rangka meramaikan lomba Pola Hidup Bersih dan Sehat

Tempe Sepanjang 100 Meter Dibuat Dalam Waktu 2 Hari 2 Malam
KOMPAS.com/ Wijaya kusuma
Tempe sepanjang 100 meter di bentangkan di jalan Kelurahan Warungboto, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, YOGYAKARTA - Berbeda dengan biasanya, di RT 38, RW 9, Kelurahan Warungboto, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta tampak bungkusan sepanjang 100 meter yang di topang oleh bambu.

Bungkusan itu, tidak lain adalah tempe yang sengaja dibuat oleh warga dalam rangka meramaikan lomba Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tingkat Kota Yogyakarta.

"Panjang tempe sekitar 100 meter," ujar Roffi, satu pengrajin tempe Kelurahan Warungboto, Kecamatan Umbulharjo, Rabu (27/5/2015).

Roffi menuturkan, Proses pembuatan tempe dengan panjang 100 meter membutuhkan waktu 2 hari 2 malam. Pengerjaanya dilakukan oleh 3 orang. " Butuh 2 hari 2 malam, tiga orang yang mengerjakannya di dalam gudang," ucapnya.

Namun, untuk mengangkatnya dari gudang menuju ke jalan sekaligus membentangkanya perlu setidaknya 100 orang.

Awalnya, ia bersama warga berencana membuat tempe dengan panjang 250 meter. Namun karena bahannya kurang hanya bisa membuat 100 meter saja.

"Total menghabiskan dana sekitar 1 jutaan. Bapak Tumino yang menjadi penyedia dana dari pembuatan tempe ini," ucapnya.

Menurutnya, pembuatan tempe dengan panjang 100 meter ini untuk meramaikan lomba Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tingkat Kota Yogyakarta. Nantinya setelah selesai, tempe akan dilelang. "Nanti dilelang, harganya mulai Rp 15 ribu per meter," pungkasnya.

Editor: Ratino Taufik
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved