Sutiyoso Disindir Terlalu Tua

Pertama, kok tua banget. Umurnya 70 tahun dengan kondisi pekerjaan yang cukup berat. Kedua, setahu saya, dia yang menyerbu kantor DPP PDI

Sutiyoso Disindir Terlalu Tua
kompas.com
Sutiyoso

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Kritikan langsung dilontarkan politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) TB Hasanuddin terhadap keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengajukan Sutiyoso sebagai calon kepala Badan Intelijen Negara (BIN), kepada DPR. Jika lolos dari uji kelayakan dan kepatutan yang dilakukan DPR, Sutiyoso akan menggantikan Marciano Norman.

“Pertama, kok tua banget. Umurnya 70 tahun dengan kondisi pekerjaan yang cukup berat. Kedua, setahu saya, dia yang menyerbu kantor DPP PDI (belum pakai perjuangan, pada peristiwa kerusuhan 27 Juli 1996),” kata Hasanuddin di Jakarta, Rabu (10/6).

Kerusuhan itu menjadi catatan kelam dalam sejarah partai yang kini bermetamorfosis menjadi PDIP ini. Ketika itu terjadi, PDI terbelah antara kubu Megawati Soekarnoputri dan kubu Soerjadi yang lebih ‘dekat’ dengan pemerintah.

Sebagai Pangdam Jaya saat itu, Sutiyoso disebut-sebut mem-back up kubu Soerjadi menyerbu dan merebut kantor DPP PDI dengan tumbal banyak korban jiwa. Peristiwa ini kemudian meluas menjadi kerusuhan di Jakarta.

Selengkapnya baca Banjarmasin Post edisi cetak Kamis (11/6/2015) atau klik http://epaper.banjarmasinpost.co.id

Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help