Dinkes Balangan Konsisten Layani Kesehatan Masyarakat Terpencil

Di Kabupaten Balangan banyak memiliki anak desa yang sangat terpencil dan perlu mendapatkan pelayanan secara khusus

Dinkes Balangan Konsisten Layani Kesehatan Masyarakat Terpencil
banjarmasinpost.co.id/elhami
Pelayanan Dinkes Balangan di daerah terpencil. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Salah satu program yang kini sudah dijalankan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan adalah program pelayanan kesehatan daerah terpencil (dacil),

Kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, Humam Arifin mengatakan program ini merupakan wujud dari implementasi UUD 45 pasal 28 ayat 1 yaitu kewajiban negara untuk memenuhi hak warganya dalam pelayanan kesehatan, dan Kabupaten Balangan telah melaksanakan kewajiban tersebut.

"Di Kabupaten Balangan banyak memiliki anak desa yang sangat terpencil dan perlu mendapatkan pelayanan secara khusus, untuk Pemkab Balangan melalui dinas kesehatan melaksanakan pelayanan kesehatan terpencil," ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, program dacil dilaksanakan oleh dinkes, puskesmas dan lintas sektor terutama kantor kecamatan sebagai pemilik wilayah. Pelayanan kesehatan meliputi pemeriksaan kesehatan, imunisasi bayi, balita, dan ibu hamil, pemeriksaan ibu hamil, pelayanan KB, penyuluhan kesehatan, perbaikan gizi dan pembinaan kesehatan anak sekolah.

"Disamping pelayanan dacil masih banyak lagi program kesehatan yang sudah dikembangkan, Dinas Kesehatan akan mempertahankan dan memperbaiki pelayanan kesehatan kepada masyarakat," tegasnya.

Upaya ini sejalan dalam meningkatkan pelayanan kesehatan secara konsisten terus dilakukan pemerintah kabupaten Balangan melalui dinas kesehatan setempat.

Penulis: Elhami
Editor: Halmien
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved