Home »

Techno

» Sains

Gawat! Ternyata Anak dengan Ingatan Baik Lebih Pandai Berbohong

Dalam penelitian itu mereka menguji anak-anak berumur enam dan tujuh tahun, dengan memberikan kesempatan untuk berbuat curang dalam suatu permainan

Gawat! Ternyata Anak dengan Ingatan Baik Lebih Pandai Berbohong
banjarmasinpost.co.id/bbc
Ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Kaum bocah yang memiliki ingatan bagus cenderung lebih pandai berbohong, kata para peneliti psikologi anak.

Dalam penelitian itu mereka menguji anak-anak berumur enam dan tujuh tahun, dengan memberikan kesempatan untuk berbuat curang dalam suatu permainan kecil, dan berbohong mengenai perbuatannya.

Para bocah yang pandai berbohong, juga lebih baik dalam menjalani ujian ingatan verbal -jumlah kata yang mereka bisa ingat.

Itu artinya, mereka pandai memutar-balik banyak informasi, bahkan ketika mereka berkisah tentang bualan yang ganjil.

Dalam Journal of Experimental Child Psychology, para peneliti Universitas North Florida, Sheffield dan Stirling, merekrut 114 anak dari empat sekolah di Inggris untuk eksperimentasi itu.

Menggunakan kamera tersembunyi selama permainan tanya jawab, mereka memergoki anak-anak yang mencontek terkait pertanyaan yang mengada-ada, kendati sudah diperingatkan tidak boleh mencontek.

Temuan yang bisa jadi mengejutkan (untuk orang tua) adalah bahwa hanya seperempat dari anak-anak itu yang berlaku curang dengan mencontek jawaban.

Pertanyaan lebih lanjut memungkinkan peneliti untuk menentukan siapa yang pandai berbohong dan siapa yang tak pandai berbohong..

Pengelolaan ingatan kata

Mereka tertarik pada kemampuan anak untuk memelihara dalih yang bagus untuk menutupi kebohongan mereka.

Halaman
12
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help