Jemaah seperti Beribadah di Goa

BENTUKNYA memang tidak seperti masjid yang kerap kita lihat. Tetapi inilah masjid yang secara arsitektur, terindah di dunia.

Jemaah seperti Beribadah di Goa
net
masjid sancaklar 

BANJARMASINPOST.CO.ID - BENTUKNYA memang tidak seperti masjid yang kerap kita lihat. Tetapi inilah masjid yang secara arsitektur, terindah di dunia. Masjid berbentuk ‘aneh’ ini berada di Buyukcekmece, Istanbul, Turki. Namanya, Masjid Sancaklar. Dibangun pada 2012 lalu dengan luas keseluruhan 700 meter persegi.

Masjid yang dirancang oleh Emre Arolat ini, menampilkan cor dinding beton dan ruang ibadah seperti goa. Arolat menggunakan kombinasi batu abu-abu terang dan beton bertulang. Karena konsepnya seperti goa itulah, lokasi masjid berada agak jauh dari keramaian, agar tidak ‘tercemar’ oleh hiruk pikuk.

Jemaah yang beribadah di sini bisa benar-benar khusyuk di tempat yang tenang, bersih, luas dan ‘dingin’ karena alam. Benar-benar seperti beribadah di dalam goa. Tempat imam dan khatib dibikin sangat sederhana yakni undakan setengah bulat yang menciptakan mimbar.

Di luar masjid, potongan-potongan batu ditempatkan di medan miring sehingga membuat barisan panjang sebagai setapak yang mengarah ke gedung cekung. Rumput merumbai tumbuh di sekitar batu dan membantu mengintegrasikan antara pagar dan setapak menjadi satu lanskap yang indah.

Selengkapnya baca Banjarmasin Post edisi cetak Senin (22/6/2015) atau klik http://epaper.banjarmasinpost.co.id

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help